SOSIALISASI PENGGUNAAN GAWAI SECARA BIJAK

Authors

  • Heri Wijayanto, Universitas Mataram
  • Eneng Garnika Universitas Pendidikan Mandalika
  • Baiq Rohiyatun Universitas Pendidikan Mandalika
  • Suparjo Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.61116/jpkm.v1i1.58

Keywords:

gawai, penggunaan secara bijak

Abstract

Penggunaan gawai yang berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan fisik, mental dan sosial anak. Gawai merupakan hasil perkembangan teknologi yang memiliki daya tarik, unik dan praktis digunakan. Gawai saat ini sudah menjadi sahabat masyarakat secara umum, bahkan balita sudah mengenal dan menggunakannya. Apabila penggunaannya tidak dibatasi, maka penggunaannya akan menimbulkan resiko dan sangat berbahaya terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahap perkembangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para orang tua dan guru tentang penggunaan gawai secara bijak dan aman untuk dimanfaatkan sesuai fungsinya. Kegiatan ini diawali dengan survei untuk mengetahui kebutuhan pengetahuan para orang tua dan guru di PAUD Permata Bangsa. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah disepakati. Pelaksanaan kegiatan melalui pemberian materi dengan metode ceramah, daur pengalaman dan diakhiri dengan tanya jawab. Tanya jawab dilakukan untuk memberikan penguatan pemahaman dan untuk mengetahui efektifitas kegiatan yang dilaksanakan.

References

Nabila, Sarah dan Lisiswanti, Rika, 2017. Dampak Eksposur Layar Monitor Terhadap Gangguan Tidur Dan Tingkat Obesitas Pada Anak-Anak. Jurnal Majority, Vol.6 No.2 Maret 2017 Hal.73-78

Novitasari W & Khotimah N, 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai Vol.05 No.03 Tahun 2016:182-186

Pangastuti R, 2017. Fenomena Gadget Dan Perkembangan Sosial Bagi Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education Vol.2 No.2 Desember 2017

Sujianti, 2018, Hubungan Lama dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di TK Islam Al Irsyad 01 Cilacap, Jurnal Kebidanan, Vol.6 No.1, Tahun 2018, Hal.54-65

Winoto, Heru. (2014). Contoh riset teknologi. di unduh pada 20 November 2019 jam 20.10 Wib dari http://komunikasi.us/index.php/course/1789-contohriset-teknologi-dankomunikasi

American Academy of Pediatrics. (2016). Media and young minds. Pediatrics, 138(5), e20162591. doi: 10.1542/peds.2016-2591

National Cyber Security Alliance. (2019). Tips for mobile devices security. Retrieved from https://staysafeonline.org/stay-safe-online/mobile-and-on-the-go/mobile-devices-security/

Twenge, J. M. (2017). iGen: Why today’s super-connected kids are growing up less rebellious, more tolerant, less happy – and completely unprepared for adulthood. New York, NY: Atria Books.

Sinek, S. (2017). Simon Sinek on millennial and Internet addiction. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=hER0Qp6QJNU&t=12s

Trisna, Aulia, Bahaya Penggunaan Gadget. diunduh pada 20 Maret 2023, jam 20.00 Wib dari https://id.theasianparent.com/bahaya-gadget-bagi-anak

Jadikan Gadget sarana Belajar Untuk Anak, publikasi 10 Juli 2018, diunduh pada 20 Maret 2023, Jam 20.30 Wib dari http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/jadikangadget-sebagai-sarana-belajar-untuk-anak.ht

Downloads

Published

2023-05-20

How to Cite

Heri Wijayanto, Garnika, E., Rohiyatun, B., & Suparjo. (2023). SOSIALISASI PENGGUNAAN GAWAI SECARA BIJAK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(1), 25–29. https://doi.org/10.61116/jpkm.v1i1.58

Issue

Section

Articles