PENERAPAN METODE IBC DALAM PUBLIC SPEAKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA EFEKTIF PADA PNS PADA BKPSDM KABUPATEN SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.61116/jpkm.v1i1.55Keywords:
Metode IBC, Public SpeakingAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kompetensi public speaking pada aparatur sipil negara yang merupakan syarat mutlak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal meningkatkan para eselon 3 pada BKPSDM kabupaten sukabumi, terutama public speaking dengan menggunakan metode IBC. Berdasarkan rekapitulasi aparatur sipil negara (ASN) pemerintah kabupaten sukabumi berdasarkan jenis jabatan, total keseluruhan structural dan fungsional berjumlah 9.774, sedangkan kondisi pegawai negeri sipil di sukabumi berdasarkan data sebanyak 12.149 orang dengan rincian jabatan structural 931 orang atau 9,35% dan jabatan fungsional tertentu sebanyak 6,03 orang atau 67,56% dan jabatan fungsional umum berjumlah 2240 orang atau 22,92%. Selain PNS ada juga pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau (PPPK) sebanyak 2375 orang. Jumlah PNS yang cukup besar, jelas membawa kontribusi yang besar bagi pengembangan sumber daya manusia namun terbilang Sebagian besar memiliki kinerja yang buruk data kementrian pendayagunaan aparatur negara dan reforma Birokrasi (Kemenpan-RB). Hampir 30% atau sekitar 1,35 juta PNS memiliki kinerja yang tergolong belum maksimal, belum tau tugas hingga tidak memahami kewajibannya. BKPSDM merupakan liding sector pengembangan sumber daya manusia dibidang softskill yang dipimpin oleh kepala badan pelatihan sumber daya manusia bapak Dadang Budiman agar para ASN diberikan pelatihan tentang public speaking dapat meningkatkan kepercayaan diri dan dapat berbicara secara professional teratur, terstruktur, terukur. Mengacu pada tiga komponen penting pada public speaking, visual, verbal, dan vocal. Metodelogi penelitian ini secara kualitatif menggunakan data primer dan data sekunder dengan wawancara, hasil pengamatan dan dokumentasi dan kordinasi serta kerja sama sedangan Teknik pelatihan bimtek public speaking pelatihan langsung dengan metode pelatihan ceramah, tanya jawab, brain storming, simulasi, penayangan video, serta konsep kesiap siagaan bela negara. Hasil pelatihan ini dapat menghasilkan peserta terbaik dengan nilai ujian praktek menunjukan bahwa 70% dari jumlah peserta menunjukan peningkatan yang signifikan tentang berbicara yang professional.
References
Affandi, N. (2019). Efektivitas Public Speaking Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum (Doctoral dissertation).
Fatmah, N., Anward, H. H., & Mayangsari, M. D. (2021). Efikasi Diri dan Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD Terkait Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 31-40.
Girsang, L. R. M. (2018). ‘Public Speaking’Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan Pkm Di Sma Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2).
Indraswati, D., Husniati, H., Ermiana, I., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa PGSD. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(1), 1-15.
Kurniawan, A. F. P., & Kumalasari, J. (2022, May). Pengaruh Public Speaking Terhadap Kepercayaan Diri Siswa. In Seminar Nasional Psikologi dan Ilmu Humaniora (SENAPIH) (Vol. 1, No. 1, pp. 63-66).
Mashudi, T., Hesti, R. M., & Purwandari, E. (2020). Membangun kepercayaan diri remaja melalui pelatihan public speaking guna menghadapi era industri 4.0. Abdi Psikonomi, 79-78.
Meifilina, A., Khudlori, R., & Andari, B. (2021). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DENGAN TEMA “TAMPIL DI DEPAN UMUM SIAPA TAKUT”. Science Contribution to Society Journal, 1(1), 14-21.
Nazara, D. K. (2019). Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 224-233.
Nengtias, N., Barida, M., & Susilowati, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Public Speaking melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Yogakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2121-2125.
Rahmadani, D. N., Wahyuni, A., & Ekawarna, E. (2021). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking pada mahasiswa pendidikan sejarah universitas jambi. Jurnal Randal, 2(2), 22-33.
Santoso, E. D., Sholihah, R. A., & Mu’ti, Y. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1029-1039.
Suparman, R., & Soantahon, S. M. (2022). Integrasi Manajemen Talenta dengan Pengembangan Kompetensi ASN. Journal of Government and Politics (JGOP), 4(1), 121-132.
Triana, C. C., Yulianti, A., Nuraeni, L. A., & Sayyidah, A. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri Seorang Public relation dalam Berkomunikasi. Cebong Journal, 1(2), 34-40.
Wiratama, N. S. (2021). Kemampuan Public Speaking dalam Pembelajaran Sejarah. ISTORIA Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 17(1).
Yanti, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Public Speaking melalui Metode Pelatihan Kader pada Organisasi ISKADA (Doctoral dissertation, UIN Ar-raniry).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.