ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN MENGENAL ANGKA PADA SISWA AUTIS DI SLB NEGERI 1 NGAWI
DOI:
https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i4.280Keywords:
Autis, angka, kesulitan, penyebabAbstract
Siswa autis adalah siswa dengan keterbatasan dalam menjalin hubungan sosial emosional. Dikarenakan keterbatasannya tersebut siswa autis kesulitan dalam memahami materi yang di dapatkan. Salah satu bentuk kesulitan yang di alam adalah dalam pelajaran matematika materi mengenal angka. Dikarenakan materi ini penting dalam kehidupan keseharian maka sebagai guru perlu membantu siswa mengatasi permasalahannya tersebut. Demi mengatasi dan membantu siswa mengatasi permasalahannya tersebut , maka perlu mencari faktor penyebab sesungguhnya dari siswa autis mengalami kesulitan mengenal angka. Pada kesempatan kali ini peneliti melakukan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada rekan sejawat disekolah guna melakukan penelitian secara kualitatif, sekaligus juga melakukan wawancara sebagai penguat dan menganalisis hasil dari kuesioner yangdi dapatkan. Berdasarkan data yang terhimpun didapatkan hasil berupa faktor penyebab dari siswa autis mengalami kesulitan mengenal angka di antaranya terdapat faktorinternal dan eksternal yang mempengaruhi. Berkaitan dengan temenuan tersebut di harapkan mampu menjadi salah satu acuan untuk membantu guru melakukan program pembelajaran yang sesuai dengan faktor penyebab yang dialami siswa.
References
Buyung, Rika, W., & Mariyam. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD 14 Semperiuk A Jurnal Of Educational Review And Research,5(1),46-51, from doi:10.26737/jerr.v5i1.3538
Daulay, N. (2017). Struktur Otak Dan Keberfungsiannya Pada Anak Dengan Gangguan Spektrum Autis : Kajian Neuropsikologi. Buletin Psikologi,25(1),11-25.
Kurniawan, A. (2021).Deteksi Dini Anak Autism.Jurnal Ortopedagogia,7 (1),57-61.
Klorina,M.& Juandi, D. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Di Indonesia Ditinjau Dari Self-Efficacy : Systematic Literature Review (Slr). Pasundan Journal Of Research In Mathematics,7(2),181-192.
Lutfi, A.& Sari, A. (2022). Analisis Alur Belajar Matematika Siswa Inklusi Jenis Kebutuhan Autisme. Andragogi:Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan keagamaan,10(2),187-194.
Marienzi, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus,1(3), 320-331.
Patrizal, I., Damri, & Irdamurni. (2013). Meingkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui media Kotak Angka Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Khusus,2 (3), 234-243.
Pramesti, C.& Prasetya, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika,11 (2), 9-177.
Rahayu, S. (2014) .Deteksi Dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak,3(1),420-428.
Rani, M. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Autis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus,1(3),320-331.
Sari, A., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Penyebab Gangguan Autis Melalui Jalur Neuroinflamasi. Bioeksperimen, 3(2), 1-9.
Survia, D. & Mulanirum, D. (2023). Upaya Meningatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Bermain Kartu Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 103-111.
Syakur, A., Purnamasari, R., & Kurnia,D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia :Jurnal Ilmiah Pendidikan,13 (2), 84-89.
Ulva, M. & Amalia,R. (2020) .Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkerbutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusif. Journal on Teacher Education,1(2),9-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.