PENGGUNAAN ITEM AND TEST ANALYSIS 4.3 DALAM MENGANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN PADA MATA PELAJARAN PANCASILA AND CIVIC EDUCATION KELAS VIII

Authors

  • ATIKA CAHYA FAJRIYATI NAHDIYAH UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • ACH CHAIRY IAI Agus Salim Metro Lampung, Indonesia
  • ARIF SURYA VOLTA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i3.256

Keywords:

analisis butir soal, item and test analysis, pancasila and civic education

Abstract

Dalam penelitian ini, terdapat beberapa permasalahan yang diidentifikasi, yaitu kurangnya pemahaman dan pengembangan soal oleh sebagian guru, analisis butir soal yang belum sesuai dengan prinsip, mekanisme, serta prosedur penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMPN 2 Galur Kulon Progo dari beberapa aspek tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, termasuk lembar soal penilaian, kunci jawaban soal, dan lembar jawaban siswa. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian sebanyak 161 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan program Item and Analysis versi 4.3. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa validitas menggunakan rumus Aiken’s Validity, terdapat 18 butir soal dari 25 soal atau 72% soal dinyatakan validitas sedang atau valid dan 7 butir soal atau 28% soal dinyatakan validitas tinggi. Reliabilitas dari keseluruhan soal tersebut memiliki nilai sebesar 0,947 yaitu reliabilitas sangat tinggi. Indeks daya pembeda butir soal yaitu 72% berkategori baik, 12% berkategori sedang, 8% berkategori baik tetapi perlu direvisi, dan 8% berkategori buruk atau ditolak. Indeks tingkat kesukaran soal yaitu 16% dengan kriteria sukar, 56% dengan kriteria sedang, 24% dengan kriteria mudah dan 4% dengan kriteria soal sangat mudah. Fungsi distractor (pengecoh) dapat diketahui bahwa kualitas butir soal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 28% sangat baik, 44% baik dengan perbaikan, dan 28 % cukup baik dengan perbaikan. Rekomendasi perbaikan dapat dilakukan terutama pada soal-soal yang memiliki kategori sedang, perlu direvisi, atau dikategorikan buruk untuk meningkatkan kualitas keseluruhan instrumen penelitian.

References

Adawiah, R., & Ruchliyadi, D. A. (2019). Analisis Kualitas Soal Buatan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 58. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7554

Aeni, N., & Suyato. (2020). Analisis Butir Soal Mata Pelajaran PPKN Kelas IX SMP 1 Karangjambu Purbalingga Tahun 2019/2020. Kewaraganegaraan, Jurnal Pendidikan Volume, Hukum, 9(5), 491–501.

Bowo, A. N. A. (2015). Cerita Cinta Belajar Mengajar. Deepublish.

Chatterji, M. (2003). Designing and Using Tools for Educational Assessment. USA: Pearson Education, Inc.

Guilford, J. P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: Mc Graw-Hill Book Co. Inc.

Rotama, A. D., Budiutomo, T. W., & Bowo, A. N. A. (2020). ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 11(01), 24–35. https://doi.org/10.47200/aoej.v11i01.314

Saely, E., & Shaleh. (2023). ANALISI BUTIR SOAL PENILIAN AKHIR SEMESTER (PAS) PADA MATA PELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN APLIKASI WINSTEP DAN ITEM AND TES ANALYSIS (ITEMAN) 4.3. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 88–100.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

FAJRIYATI NAHDIYAH, A. C., CHAIRY, A., & VOLTA, A. S. (2023). PENGGUNAAN ITEM AND TEST ANALYSIS 4.3 DALAM MENGANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN HARIAN PADA MATA PELAJARAN PANCASILA AND CIVIC EDUCATION KELAS VIII. Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran Dan Teknologi (JP3T), 1(3), 108–117. https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i3.256

Issue

Section

Articles