PENGARUH PENGGUNAAN EXPLAINER VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X UPW
DOI:
https://doi.org/10.61116/jp3t.v1i2.113Keywords:
Explainer Video, Motivasi BelajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lingsar pada tanggal 20 November 2021, peneliti menemukan beberapa masalah yang dihadapi sekolah terkhusus pada pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu Guru masih mengunakan media cetak seperti buku paket, pengunaan TIK dalam pembelajaran belum maksimal, masih kurangnya guru dalam memanfaatan fasilitas yang telah tersedia di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Explainer Video Tehadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X UPW di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus chi square. Hasil analisis diperoleh nilai = 26,735 sedangkan nilai chi square dalam tabel dengan db= 4 dengan taraf signifikansi 5% = 9,488 dengan demikian bahwa nilai chi square analisis lebih besar daripada nilai chi square tabel (26,735> 9,488). Sungguh dapat disimpulan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.
References
A., Morissan., M., dkk. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Andi., Prastowo. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Mennarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Andra., Tersiana. 2018. Metode Penelitian. Yogyakarta: Startup.
Andreas Krämer., dan Sandra Böhrs. 2017. The Use of Explainer Videos as a Learning Tool: An Internal and External View. German: ST. Gallen Journal of Education and Training Studies, 2016.
Arikunto., S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Association og Education Comunication & Techology (AECT), 2018. Definisi Teknologi Pendidikan: 1.32, diterjemahkan oleh : Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc.
Darmadi., Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Faturrahman., Dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Padilatul., Husni. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTS Negeri 5 Kota Jambi.
Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sofar., Silaen. 2018. Metodologi Penelitian Sosial untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Bogor: IN MEDIA.
Siregar. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
___________, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
____________.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Wahab., R. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
U.S News dan World Report, 2021. Laporan Peringkat Pendidikan Indonesia (https://m.rri.co.id)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.