Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Bimbingan Berkelanjutan

Authors

  • Subekti SD Negeri 01 Terpadu Karang Kemiri

DOI:

https://doi.org/10.61116/jksm.v1i1.44

Keywords:

RPP, Kompetensi, Bimbingan Berkelanjutan

Abstract

Subjek penelitian sebanyak 15 orang guru dan dilaksanakan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Mula-mula peneliti menyampaikan panduan bagaimana cara menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) kepada guru-guru, kemudian meningkatkan keterampilan guru-guru dalam menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) berbasis K13 melalui bimbingan berkelanjutan, pada siklus I rata-rata hasil aktivitas dan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP adalah 72 dan pada siklus II rata-rata hasil aktivitas dan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP mengalami peningkatan yakni sebesar 81. Ketuntasan kompetensi meningkat dari sklus I dan II yaitu masing-masing 60,00 dan 86,67. Kesimpulan penelitian telah berhasil dimana apabila silabus dan RPP yang disusun oleh guru kelas dan guru mata pelajaran minimal mencapai nilai kualitatif B (Baik).

References

Aguss, R. M., Amelia, D., & Permata, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Ajar Silabus Dan Rpp Smk Pgri 1 Limau. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 48-53.

Ahmad, A. (2019). Supervisi akademik berkelanjutan sebagai upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan rpp di sma negeri bareng kab. Jombang. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 6(1), 147-156.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Dewi, K. P., & Purwanti, S. (2019, September). Integrasi kecakapan abad 21 dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1, No. 1, pp. 465-472).

Fatimah, F., Tajuddin, M., Ilyas, M., & Majid, A. (2020). Analisis PPK, Literasi, 4c daan HOTS pada Silabus dan RPP Mata Pelajaran Fikih. QUALITY, 8(1), 165-185.

Gede, P. (2020). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) melalui diskusi kelompok terfokus di SMAN 1 Waingapu. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 13-27.

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2).

Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19-36.

Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 20(1), 69-82.

Nainggolan, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengembangan Silabus Dan Rpp Melalui Pola Pembinaan Profesional Dengan Pendekataan Kooperatif Di Sman 9 Kec. Medan Labuhan Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. PROVIDENSI: Jurnal Pendidikan Dan Teologi, 4(1), 122-142.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di tengah wabah Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43-54.

Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95-102.

Winarsieh, I., & Rizqiyah, I. P. (2020). Peranan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 159-164.

Downloads

Published

2023-02-20

How to Cite

Subekti. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Bimbingan Berkelanjutan. Jurnal Kepengawasan, Supervisi Dan Manajerial (JKSM), 1(1), 25–30. https://doi.org/10.61116/jksm.v1i1.44

Issue

Section

Articles