PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN KELENGKAPAN MENGAJAR MELALUI IN-HOUSE TRAINING
DOI:
https://doi.org/10.61116/jksm.v1i1.43Keywords:
kompetensi, kelengkapan mengajar, in-house trainingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Guru pada SD Negeri 2 Surabaya dalam menyusun kelengkapan mengajar dan menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun kelengkapan mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian tindakan ini adalah guru-guru di SD Negeri 2 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada siklus 1 diperoleh 58,12% Guru berhasil menyelesaikan penyusunan kelengkapan mengajar dan pada Siklus 2 terdapat 81,25% Guru berhasil menyelesaikan penyusunan kelengkapan mengajar. Jadi ada peningkatan kemampuan Guru dalam menyusun kelengkapan mengajar setelah dilakukan In-House Training tahap 2 yaitu sebesar 23,13% dan masing-masing Guru menunjukkan peningkatan yang signifikan. In-House Training adalah salah satu pola yang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam menyusun kelengkapan mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan melalui In-House Training dapat memotivasi guru dan memiliki keinginan yang kuat untuk menyusun dan membuat kelengkapan mengajar yang akan digunakan dalam kelengkapan mengajar sebagai penunjang proses pembelajaran.
References
Aliwardhana, H. (2021). Upaya meningkatkan keterampilan guru dalam pembuatan video pembelajaran berbasis Power Point dan Filmora melalui in house training. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4(1), 22-43.
Amin, I., Sukestiyarno, Y. L., Waluya, S. B., & Mariani, S. (2020). Kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 125-141.
Anggraini, M., Kasiyun, S., Mariati, P., & Sunanto, S. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3010-3019.
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62-73.
Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran guru profesional sebagai fasilitator dan komunikator dalam kegiatan belajar mengajar. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 124-132.
Caswita, C. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui in House Training. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 1-12.
Illahi, N. (2020). Peranan guru profesional dalam peningkatan prestasi siswa dan mutu pendidikan di era milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1-20.
Learn, A., Radosta, L., & Pike, A. (2020). Preliminary assessment of differences in completeness of house-training between dogs based on size. Journal of Veterinary Behavior, 35, 19-26.
Nurbaiti, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan Video Pembelajaran Melalui In House Training (IHT) di SMP Negeri 26 Depok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 375-386.
Nurlaila, N. (2020). Faktor-Faktor Keberhasilan Pembelajaran Bahasa: Perspektif Intake Factors. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 557-566.
Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran Pai Tingkat Pendidikan Dasar Di Era Pandemi Covid-19. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 1-16.
Wahyuningsih, N. T. A., Kristinawati, K., & Zulaihah, Y. D. (2021). In House Training “Manajemen Kebidanan Dan Pendokumentasian Asuhan Kebidanan” Bagi Bidan Di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan Temanggung. Pelita Abdi Masyarakat, 2(1), 1-6.
Winarto, K. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Menyusun Rpp Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui In House Training Pada Smp Binaan Di Kabupaten Blitar Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP), 1(2), 340-354.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Kepengawasan, Supervisi dan Manajerial (JKSM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.