KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI AGENT OF CHANGE
DOI:
https://doi.org/10.61116/jksm.v2i1.300Keywords:
kepemimpinan visioner, kepala sekolah penggerakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan visioner kepala sekolah
penggerak sebagai agent of change. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive samping yaitu kepala sekolah, para guru,
dan staff. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi
sebagai metode pendukung. Teknik analisis data menggunakan model interaktif mulai dari tahap
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan visioner kepala sekolah telah menerapkan pola kepemimpinan
demokratis dengan cara membangun komunikasi dua arah, membangun kerja sama tim yang tangguh,
meningkatkan kedisiplinan, bersikap adil, pengambilan keputusan bersama, apresiasi, dan motivasi,
bersikap respek, melalui pendekatan sifat, pendekatan perilaku, dan pendekatan situasional dalam
kepemimpinan; dan (2) kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai agent of change dilakukan melalui
peningkatan kualitas sumber daya manusia para guru dan staf dengan cara perbaikan sistem dan
pengembangan kompetensi guru pada bidang teknologi informasi, membuat program literacy Al-Qur’an
bagi siswa, dan mengimplementasikan program P5 dalam bentuk kegiatan penghijauan, pembuatan
kaligrafi, dan pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna.
References
Agarwal, S. (2020). Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian Bisnis Internasional, 13 (1). https://www.academia.edu/download/83140002/pdf_2013.pdf
Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI.
Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitatuve Data Analysis (3rd ed.). California: SAGE Publication, Inc.
Muflihin, M. H.. (2013). Administrasi Pendidikan Tinjauan Teori Untuk Praktek Manajerial Bagi Guru dan Pimpinan Sekolah. Yogyakarta: Pilar Media Media
Mulyati, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–16. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/345/176
Sari, JDR, Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 5 (3), 329–333. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34846
Sugiyanto & Abdullah, G. 2022. Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Adiwiyata di Smp Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7999-8011. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/issue/view/235.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Kepengawasan, Supervisi dan Manajerial (JKSM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.