KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI AGENT OF CHANGE

Authors

  • AULIA RIZKI UTAMI Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
  • RUDI HARIAWAN Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
  • HAROMAIN Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika
  • MUHAMMAD SUHARDI Program Studi Administrasi Pendidikan, Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.61116/jksm.v2i1.300

Keywords:

kepemimpinan visioner, kepala sekolah penggerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan visioner kepala sekolah
penggerak sebagai agent of change. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik
penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive samping yaitu kepala sekolah, para guru,
dan staff. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi
sebagai metode pendukung. Teknik analisis data menggunakan model interaktif mulai dari tahap
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan visioner kepala sekolah telah menerapkan pola kepemimpinan
demokratis dengan cara membangun komunikasi dua arah, membangun kerja sama tim yang tangguh,
meningkatkan kedisiplinan, bersikap adil, pengambilan keputusan bersama, apresiasi, dan motivasi,
bersikap respek, melalui pendekatan sifat, pendekatan perilaku, dan pendekatan situasional dalam
kepemimpinan; dan (2) kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai agent of change dilakukan melalui
peningkatan kualitas sumber daya manusia para guru dan staf dengan cara perbaikan sistem dan
pengembangan kompetensi guru pada bidang teknologi informasi, membuat program literacy Al-Qur’an
bagi siswa, dan mengimplementasikan program P5 dalam bentuk kegiatan penghijauan, pembuatan
kaligrafi, dan pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna.

References

Agarwal, S. (2020). Gaya Kepemimpinan dan Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian Bisnis Internasional, 13 (1). https://www.academia.edu/download/83140002/pdf_2013.pdf

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, W., Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI.

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Qualitatuve Data Analysis (3rd ed.). California: SAGE Publication, Inc.

Muflihin, M. H.. (2013). Administrasi Pendidikan Tinjauan Teori Untuk Praktek Manajerial Bagi Guru dan Pimpinan Sekolah. Yogyakarta: Pilar Media Media

Mulyati, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan. El-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–16. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/345/176

Sari, JDR, Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 5 (3), 329–333. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34846

Sugiyanto & Abdullah, G. 2022. Peran Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Adiwiyata di Smp Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7999-8011. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/issue/view/235.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

UTAMI, A. R., HARIAWAN, R., HAROMAIN, & SUHARDI, M. (2024). KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI AGENT OF CHANGE. Jurnal Kepengawasan, Supervisi Dan Manajerial (JKSM), 2(1), 1–6. https://doi.org/10.61116/jksm.v2i1.300

Issue

Section

Articles