TRANSFORMASI MANAJEMEN PERKANTORAN DI ERA 2024: PERAN COACHING DAN MENTORING DALAM PENGEMBANGAN KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN KREATIVITAS PADA MANAJEMEN PERKANTORAN
DOI:
https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.273Keywords:
Manajemen perkantoran, coaching dan mentoring, keterampilan dan kreativitasAbstract
Manajemen perkantoran dalam era bisnis yang dinamis membutuhkan adaptasi terhadap perubahan lingkungan kerja. Penerapan coaching dan mentoring menjadi strategi kunci dalam mengembangkan keterampilan dan kreativitas karyawan, mengatasi tantangan teknologi, kerja fleksibel, persaingan global, dan tanggung jawab sosial perusahaan. Di tahun 2024, perkembangan teknologi, pekerjaan fleksibel, ketidakpastian pasar, dan keberlanjutan semakin mempengaruhi manajemen perkantoran. Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini, digunakan untuk menyelidiki konsep-konsep utama dan teori-teori terkait. Hasilnya menunjukkan transformasi menyeluruh dalam manajemen perkantoran, didukung oleh teknologi dan praktik coaching serta mentoring. Coaching dan mentoring tidak hanya mengembangkan keterampilan teknis, tetapi juga kepemimpinan, inovasi, dan adaptabilitas. Dalam praktiknya, program-program ini menciptakan lingkungan yang adaptif, inklusif, dan mendukung keberlanjutan. Tantangan implementasi mencakup keterbatasan waktu dan keberlanjutan program, sementara peluangnya melibatkan pengembangan kepemimpinan dan inovasi berkelanjutan. Implikasi praktik mencakup peningkatan keterampilan, keterlibatan karyawan, transfer pengetahuan, dan adaptabilitas organisasi. Transformasi manajemen perkantoran dengan coaching dan mentoring menciptakan fondasi untuk keberlanjutan dan keunggulan jangka panjang.
References
Azizatunnafi’ah, B., & Mufidah, N. C. A. (2023). Penerapan Manajemen Perkantoran Dalam Lingkungan SMP PGRI 5 Taman Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 163–174. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.10074162
Dewi, S. R. (2015). Peran Kepemimpinan Transformasional terhadap Peningkatan Efektivitas Coaching. JBBE, 08(1), 1–10. Retrieved from http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/203786
Friandi, S. Z., Suwarto, & Rifai, D. (2020). The Effect Of Coaching And Mentoring Against The Development Of Fasion UMKM and The Orientation That Mediated Entrepreneurship. Journal of Economic, Business and Accounting, 4(1), 274–281.
Hidayati, N. (2023). Pengaruh Prestasi Coaching, Konseling, dan Mentoring Terhadap Kinerja Guru Penggerak Angkatan II di Kabupaten Kebumen. Media Manajemen Pendidikan, 6(1), 43–55. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/view/14106%0Ahttps://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/mmp/article/download/14106/6126
Hutahaean, T. M., Johannes, & Edward. (2023). Analisis Coaching Dan Mentoring Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Mediasi Motivasi Kerja. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu, 12(02), 516–526.
Isimunuartha, G. R., Romadhan, R., & ... (2022). Coaching Dan Mentoring Math-Powtoon Bagi Guru SLB: Solusi Untuk Mengoptimalisasikan Pembelajaran Matematika Siswa Tunarungu. … Dan Inovasi Iptek, 3(2), 112–123. Retrieved from https://jasintek.denpasarinstitute.com/index.php/jasintek/article/view/87
Kadir, A., & Maulida, N. (2023). Peran Training Dan Coaching Dalam Pengembangan Kinerja Karyawan Perusahaan Padat Karya. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(1), 94. https://doi.org/10.31602/atd.v7i1.10009
Khairul, M., & Nawarcono, W. (2021). Pengaruh Coaching, Mentoring Dan Training Terhadap Motivasi Kerja (Studi Kasus Pada Yayasan Pendidikan Islam Alhamdulillah Ceria Sleman). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(1), 37–54.
Lalitaratri, T. (2023). Pengaruh Coaching, Mentoring, dan Coworker Support Terhadap Job Performance Pada Pegawai PT. Pegadaian (Persero) Cabang Nganjuk The Effect of Coaching, Mentoring, and Coworker Support on Job Performance in Employees of PT. Pegadaian (Persero) Nganjuk Bran. Sinomika Journal : Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 2(1), 111–126. Retrieved from https://doi.org/10.54443/sinomika.v2i1.1183
Najihah, W. ‘Ainun. (2023). Pentingnya Manajemen Perkantoran dan Informasi dalam Sebuah Organisasi. Opportunity Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 40–46. https://doi.org/10.55352/oppotunity.v1i1.492
Nazifah, L. (2023). Pengaruh Coaching Dan Mentoring Terhadap Kualifikasi Kelulusan Pelatihan Dasar Cpns Guru Sd. Jurnal Holistika, 5(1), 17. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.17-27
Novianti, S., & Santhi, N. H. (2022). Implementasi Manajemen Perkantoran Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Di Unit Tata Usaha SMK Negeri 1 Sakra Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Mentari Publika, 02(02). Retrieved from http://ejournal.stiamuhammadiyahselong.ac.id/index.php/jmp/article/view/42
Nurhikmahyanti, D. (2014). Manajemen Perkantoran Modern (1st ed.). Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Nuryadi, T. A. (2023). Implementasi Ilmu Manajemen Perkantoran dalam Menghadapi Dunia Bisnis Digital. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 2(3), 78–82. https://doi.org/10.54371/jms.v2i3.297
Risna, D. A., & Yandari, A. D. (2022). The Role of the Inspectorate in Conducting SPIP Coaching and Controlling to Maintain the Results of Audit Opinions (Study at the Sumenep Regency Inspectorate Office). Journal of Applied Managerial Accounting, 2(6), 2801–2814.
Rohiyatun, B. (2020). Manajemen Perkantoran Modern. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33394/vis.v5i1.3127
Rohmah, N. R., & Ristianah, N. (2023). Konsep Dasar Manajemen Pemasaran. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2622–6161), 29–43.
Sari, Y. P., Sudirjo, F., Baali, Y., Fauzan, R., & Nurdiansyah. (2023). Manajemen Perkantoran (1st ed.; D. P. Sari, ed.). Padang Sumatera Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Yusuf, M., & Kholik, A. (2023). Inklusi Digital dalam Manajemen Perkantoran Lembaga Pendidikan Islam. Toga Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Kepengawasan, Supervisi dan Manajerial (JKSM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.