TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA 4.0: INTELEKTUALITAS GURU TERCIPTA KUALITAS SEKOLAH TERJAGA

Authors

  • ARIF SURYA VOLTA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • ATIKA CAHYA FAJRIYATI NAHDIYAH Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.260

Keywords:

transformasi pendidikan 4.0, intelektualitas guru, kualitas sekolah

Abstract

Pendidikan tidak hanya berkaitan dengan aspek teknologi dan kurikulum, tetapi juga dengan memberdayakan dan menghargai para pendidik yang menjadi kunci keberhasilannya. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian literatur. Penelitian literatur ini mencakup eksplorasi, analisis, dan sintesis literatur-literatur yang relevan untuk memahami dampak transformasi pendidikan di era industri 4.0, khususnya peran guru dan kualitas sekolah. Sumber informasi yang digunakan meliputi buku, artikel jurnal, konferensi, dan dokumen-dokumen pendidikan terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pendidikan, terutama pengintegrasian teknologi dan pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21, menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan. Guru, sebagai agen perubahan, memiliki peran penting dalam menggagas inovasi dan memimpin transformasi pendidikan. Kolaborasi antara guru, orang tua, dan masyarakat juga dianggap sebagai faktor penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung.Strategi berfikir maju untuk guru, yang melibatkan pengembangan kreativitas, keterampilan, dan pemanfaatan teknologi, dianggap sebagai langkah penting dalam membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan. Evaluasi dan pemantauan kinerja, dengan menetapkan indikator kesuksesan transformasi, menjadi elemen krusial dalam mengukur dampak dan efektivitas perubahan. Kesimpulannya, transformasi pendidikan di era industri 4.0 memerlukan peran guru yang tidak hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai pemimpin dan inovator dalam proses pembelajaran. Dukungan dan pengakuan terhadap kesejahteraan guru, pengembangan kreativitas dan keterampilan, serta evaluasi kinerja yang komprehensif menjadi kunci untuk menjaga intelektualitas guru dan kualitas sekolah. Transformasi pendidikan bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang memberdayakan para pendidik untuk menciptakan generasi yang siap menghadapi masa depan.

References

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120

Hafizhah, Z. (2021). Inovasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 22–23. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/351091193

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter Dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291

Humaidi, H., & Sain, M. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 146–160. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.238

Ishak, M., Abdullah, H., Ahmad, S., & Mohamed, Y. (2018, November). Mendepani cabaran era Revolusi Industri 4.0: Hubungan amalan pembelajaran berterusan dengan prestasi peranan guru pendidikan islam sebagai agen perubahan masyarakat. Prosiding Seminar Kebangsaan Majlis Dekan Pendidikan Universiti Awam (November 2020), 729-738.

Mahfud. (2017). Berpikir dalam belajar: Membentuk karakter kreatif peserta didik. Jurnal At Tarbawi Al Haditsah, 1(2), 1–26.

Marjuni, A. (2020). Penghargaan Profesi Guru Sebagai Agen Perubahan. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 208. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.18341

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Nalurita, N. (2020). Guru sebagai agen perubahan. The Journal Publishing, 8–10. Retrieved from http://thejournalish.com/ojs/index.php/sudutpandang

Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). Elementary School Education Innovation in the Implementation. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(April), 82–88. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/7540

Purwanto, A. (2022). Meningkatkan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Menghadapi Tantangan Global. Journal of Information Systems and Management, 2(1), 1–7. Retrieved from https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=4152231

Putri, S. A., Asbari, M., & Hapizi, M. Z. (2024). Perkembangan Pendidikan Indonesia : Evaluasi Potensi Implementasi Merdeka Belajar. 03(02), 39–46.

Rambung, O. S. (2023). TRANSFORMASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. 1(3), 598–612.

Siregar, W. M., Prawijaya, S., Setiawan, F., & Putri, S. R. (2023). Peran Guru Penggerak Sebagai Agen Perubahan. JGK: Jurnal Guru KIta, 8(1), 1–8.

Srilaksmi, N. K. T., & Indrayasa, K. B. (2020). Inovasi Pendidikan Dalam Peningkatan Strategi Mutu Pendidikan. Pusat Penjaminan Mutu, 1(1), 28–35. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/jurnalmutu/article/view/896

Suja’i, A. (2018). Inovasi Pendidikan Full Day School. Jurnal Al-Fikrah, 1(1), 75–94. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Alfikrah/article/download/290/238

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

VOLTA, A. S., & FAJRIYATI NAHDIYAH, A. C. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI ERA 4.0: INTELEKTUALITAS GURU TERCIPTA KUALITAS SEKOLAH TERJAGA. Jurnal Kepengawasan, Supervisi Dan Manajerial (JKSM), 1(4), 143–151. https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.260

Issue

Section

Articles