MENGURAI KOMPLEKSITAS BUDAYA ORGANISASI DALAM KONTEKS MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.257Keywords:
Budaya organisasi, manajemen pendidikan, lembaga pendidikan tinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap efektivitas manajemen pendidikan di institusi pendidikan tinggi. Budaya organisasi dianggap sebagai faktor kritis yang membentuk lingkungan kerja dan memengaruhi keberhasilan proses pengelolaan pendidikan. Metode penelitian literatur digunakan untuk menyelidiki hubungan antara budaya organisasi dan efektivitas manajemen pendidikan dengan fokus pada kolaborasi, inovasi, dan kinerja staf serta mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi memainkan peran krusial dalam membentuk konteks lingkungan kerja dan memengaruhi proses pengambilan keputusan di institusi pendidikan tinggi. Dampak budaya organisasi mencakup pengaruh pada kolaborasi, inovasi, dan kinerja staf serta mahasiswa. Budaya organisasi yang mendukung kolaborasi dan inovasi cenderung menciptakan lingkungan yang dinamis, inovatif, dan adaptif. Sebaliknya, budaya organisasi yang tidak sejalan dapat menghambat pertukaran ide, inovasi, dan kinerja anggota institusi. Kesimpulannya, pentingnya budaya organisasi yang kuat dan positif dalam konteks institusi pendidikan tinggi tidak dapat diabaikan. Budaya organisasi yang mendukung kolaborasi, inovasi, dan kinerja staf serta mahasiswa dapat menciptakan lingkungan pendidikan tinggi yang dinamis dan berkualitas. Sebaliknya, budaya organisasi yang tidak mendukung dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan institusi, serta memberikan dampak negatif terhadap kepuasan dan kinerja anggota institusi. Dalam melihat dampak budaya organisasi terhadap keberhasilan atau kegagalan manajemen pendidikan, penting untuk mempertimbangkan pengaruhnya pada proses pengambilan keputusan, implementasi kebijakan, keterlibatan komunitas pendidikan, serta nilai dan etika yang mendasari keberlanjutan pendidikan tinggi. Dengan pemahaman mendalam tentang kompleksitas hubungan ini, institusi pendidikan tinggi dapat mengidentifikasi cara-cara untuk meningkatkan budaya organisasi guna mendukung tujuan dan pengembangan secara efektif dan berkelanjutan.
References
Adhie, L. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Penggunaan Ukuran Kinerja Terhadap Implementasi Manajemen Mutu Pada Jasa Pendidikan Tinggi di Kota Bandung. JSMA: Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi, X(1), 21–39.
Alexander, F. Y. (2023). Pengaruh Gaya Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Disiplin Kerja Guru Di SMK Panca Dharma Balikpapan. Jurnal Manajerial Bisnis, 7(1).
Alkusyairi, M. K. (2022). Manajemen Kepemimpinan Dalam Pendidikan Perspektif Nilai dan Budaya Organisasi. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 2(2). Retrieved from www.aging-us.com
Amin, N. (2018). Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim Jurnal Manejemen Pendidikan Islam, 2(1), 103–104.
Anggreni, M. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Mutu Pendidikan. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 6(2), 49–56. https://doi.org/10.18592/ptk.v6i2.4101
Fadlilah, A. H., & Susanti, A. H. (2021). Hubungan Manajemen Keuangan Menggunakan Good University Governance Dengan Budaya Organisasi dan Manajemen Perencanaan Institusi Pendidikan. Manajemen INDUSTRI KREATIF, 5(2). https://doi.org/10.36352/jik.v5i2
Handayani, E., Lian, B., & Rohana, R. (2020). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3981
Hasri, S. (2016). Budaya Organisasi di Perguruan Tinggi: Studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) " Abdi Bangsa Indonesia ". Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 10–17.
Iqbal, R., & Nurhadi, A. (2023). Analisis Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Jurnal Lentera, 22(2).
Maulana, Z., & Yahya, M. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal AKTUAL, 20(2), 187–193. https://doi.org/10.47232/aktual.v20i2.220
Monika, I. G. A., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2019). Determinasi Kepemimpinan Kepala Sekolah , Budaya Organisasi, Etos Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Pariwisata Harapan Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 138–147.
Putri, N. A., Zuhro, R., Masdelina, S., & Hidayahtullah, T. Y. (2023). Budaya Organisasi Dalam Motivasi Kenerja Guru di Sekolah. 2(14), 353–358.
Putro, W. A. S. (2017). Karakteristik Budaya Organisasi Pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pamane Talino di Kabupaten Landak. Jurnal Pedagogik Olahraga, 03(1), 62–73.
Saragih, R. R. (2022). Implikasi Budaya Organisasi dan Manajemen Pengetahuan di lingkungan Pendidikan : Studi Literatur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6077–6082. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3587
Sari, A. P., Ahmad, S., & Harris, H. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(2), 97–113. https://doi.org/10.31539/alignment.v5i2.4551
Widodo, D. S. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Kompensasi Melalui Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Motivasi, 13(2), 896. https://doi.org/10.29406/jmm.v13i2.723
Yanti, A., & Hayati, F. (2022). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Journal of Educational Management Research, 01(02), 105–112.
Yusuf, M. H. H. (2017). Pengembangan Budaya Organisasi Dalam Lembaga Pendidikan. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 81–96. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/613
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Kepengawasan, Supervisi dan Manajerial (JKSM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.