PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH

Authors

  • MUHAMAD SUHARDI FIPP Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.243

Keywords:

pemberdayaan, kepercayaan, tanggungjawabkepalasekolah

Abstract

Penelitian ini memberikan informasi tentang pengaruh pemberdayaan dan kepercayaan terhadap tanggung jawab kepala sekolah di SDN se-kecamatan Mantang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan menjelaskan hubungan sebab akibat dengan analisis jalur (Path Analysis). Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Populasi sasaran penelitian ini berjumlah 92 kepala sekolah dari seluruh Kepala Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Mantang Kabupaten Lombok Tengah. Dalam penelitian ini sampel ditetapkan sebanyak 75 orang, dengan menggunakan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung yang positif dari pemberdayaan terhadap tanggung jawab, (2) terdapat pengaruh langsung yang positif dari kepercayaan terhadap tanggung jawab, dan (3) terdapat pengaruh langsung yang positif dari kepercayaan terhadap tanggung jawab.

References

Amon, L., Ping, T., & Poernomo, S. A. (2021). Tugas dan Fungsi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 1-12.

Bali, E. N., Bunga, B., & Kale, S. (2022). KAMPUS MENGAJAR: UPAYA TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 237-241.

Bratton, J. (2020). Work and organizational behaviour. Bloomsbury Publishing.

Damiyana, D., & Sari, D. M. (2020). Tugas Dan Tanggung Jawab Staff Front Office Pada Rumah Sakit Mekarsari. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 12-24.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135-143.

Fanani, A. F., Astutik, W., & Lestari, Y. (2020). Kepemimpinan Transformasional Sektor Publik. Journal of Public Sector Innovations, 4(2), 84-90.

Fitriyani, F. (2019). Konsep Organisasi Pendidikan dalam Pemberdayaan Sekolah. El-ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 17(02), 61-80.

Gold, A., & Kerly, M. (2019). An entrepreneurial approach to entrepreneurial education. Community colleges as incubators of innovation: Unleashing opportunities for communities and students (561-868). Sterling, Virginia: Stylus Publishing.

Hasanuddin, M. R., Rachma, N., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Pada Pelanggan Kedai Kopi Mr Beard Coffee Jl, Saxophone No. 47 Tunggul Wulung Lowokwaru Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(11).

Hidayat, A., Sienny, S., & Indriani, R. Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat Petani Markisa Di Sumatera Utara. Niagawan, 10(1), 92-101.

Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329-339.

Khandelwal, K., & Upadhyay, A. K. (2021). Virtual reality interventions in developing and managing human resources. Human Resource Development International, 24(2), 219-233.

Koontz, H., Weihrich, H., & Cannice, M. V. (2020). Essentials of Management-An International, Innovation and Leadership Perspective|. McGraw-Hill Education.

Lestari, D. K., & Siregar, H. (2021). Pemberdayaan Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Rotella Persada Mandiri Lubuk Pakam. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(3), 125-129.

Murya, A., & Sucipto, U. (2019). Etika dan Tanggung Jawab Profesi. Deepublish.

Patras, Y. E., Hidayat, R., & Lian, B. (2019). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Pada Organisasi Melalui Perbaikan Perilaku Pemimpin dan Keadilan Organisasi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 10-20.

Pestalozi, D., Erwandi, R., & Putra, M. R. E. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Keinovatifan Guru SMA Negeri Kota Lubuklinggau. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), 30-38.

Prasetia, S. A. (2020). Reorientasi, peran dan tantangan pendidikan Islam di tengah pandemi. Tarbawi, 9(1), 21-37.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62-71.

Resnadita, N. (2020). Pengaruh Pemberdayaan Karyawan, Kerja Tim, dan Pelatihan terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 813-817.

Rizana, D. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Pemberdayaan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 179-191.

Rohyati, E. (2019). Penyusunan Tugas Dan Tanggungjawab Karyawan Pada Universitas X. Jurnal Psikologi, 12(1).

Saidah, F. N., & Muhid, A. (2021). Peran Pemberian Psychological Empowerment Terhadap Kepercayaan Atasan Pada Bawahan: Literature Review. Competence: Journal of Management Studies, 15(2), 162-172.

Sany, U. P. (2019). Prinsip-Prinsip Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Al Qur’an. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 32-44.

Sari, L. I., & Trifiyanto, K. (2019). Pengaruh kompetensi dan kepercayaan organisasional terhadap kinerja pegawai BLUD melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening (studi pada UPTD puskesmas rawat inap kabupaten kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 1(1), 122-131.

Saputra, J., & Fermayani, R. (2019). Pengaruh Pemberdayaan Karyawan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Laboratorium Klinik Pramita Padang. Jurnal Menara Ekonomi: Penelitian dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 5(1).

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150-154.

Uhl-Bien, M., Piccolo, R. F., & Schermerhorn Jr, J. R. (2020). Organizational behavior. John Wiley & Sons.

Zaluchu, S. E., & Waruwu, M. (2020). Telaah Prinsip Good-Relationship di Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 148-161.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

SUHARDI, M. (2023). PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TANGGUNG JAWAB KEPALA SEKOLAH. Jurnal Kepengawasan, Supervisi Dan Manajerial (JKSM), 1(4), 129–135. https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.243

Issue

Section

Articles