https://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/issue/feedJurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)2023-08-13T06:01:04+00:00Lalu Hulfian, S.Pd., M.Pd.jkip.jurnalcendekia@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP) </strong>diterbitkan 4 kali setahun (Januari, April, Juli dan Oktober) oleh Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia. Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu keguruan dan ilmu pendidikan<br /><strong>E-ISSN (Online): 2987-5161 | P-ISSN (Cetak): 2987-5781 </strong></p>https://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/98UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP UNTUK SISWA SMAN 4 TEBO TAHUN PELAJARAN 2022/20232023-06-23T11:24:08+00:00RUMIATININGSIH RUMIATININGSIHrumiatiningsih9@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris menggunakan metode <br>pembelajaran peta konsep untuk siswa SMA Negeri 4 Tebo provinsi Jambi semester ganjil tahun <br>pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan <br>dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) <br>Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data di dapat melalui 4 cara: (1) wawancara, (2) observasi, <br>(3) dokumentasi, (4) tes. Populasi penelitian menggunakan seluruh siswa kelas X IPS dan subjek <br>penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klsikal <br>ranah afektif minat siswa pada siklus I mencapai 78% dan pada siklus II menjadi 89% pada ranah <br>ini terdapat tiga aspek yang dinilai yaitu (1) rasa ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran <br>bahasa inggris (2) kesungguhan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa inggris (3) <br>perhatian/tanggapan siswa selama proses pembelajaran. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif <br>siklus I ketuntasan klasikal mencapai 70% dan pada siklus II menjadi 89,66%.</p>2023-07-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 RUMIATININGSIH RUMIATININGSIHhttps://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/99UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE TEKA TEKI SILANG (TTS) PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 10 TEBO TAHUN PELAJARAN 2018/20192023-06-23T11:34:12+00:00SITI MUNAWARAHsitimunawarah62@guru.sma.belajar.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi siswa melalui <br>penerapan metode pembelajaran Teka Teki Silang (TTS) di Kelas XII SMA Negeri 10 Tebo. <br>Penelitian ini adalah bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap <br>siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. <br>Subjek yang akan dikenai tindakan adalah siswa Kelas XII SMA Negeri 10 Tebo, Kabupaten Tebo, <br>tahun pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki laki dan 11 <br>siswa perempuan. Adapun objek penelitian tindakan kelas ini adalah tentang metode pembelajaran <br>Teka Teki Silang (TTS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran <br>Ekonomi Kelas XII SMA Negeri 10 Tebo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah <br>observasi dan tes, sedangkan analisis data dilakukan melalui analisis kuantitatif. Penelitian ini <br>menghasilkan: 1) Hasil belajar Ekonomi siswa sebelum penerapan metode pembelajaran Teka Teki <br>Silang (TTS) di Kelas XII SMA Negeri 10 Tebo adalah sangat rendah yaitu dari 24 siswa hanya <br>terdapat 10 siswa atau 42% dapat memperoleh nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal, sedangkan <br>14 siswa atau 58% memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata <br>68,12; 2) Hasil belajar Ekonomi siswa setelah penerapan metode pembelajaran Teka Teki Silang <br>(TTS) di Kelas XII SMA Negeri 10 Tebo mengalami peningkatan setiap siklus yaitu siklus I <br>terdapat 71% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 77,91, pada siklus II <br>terdapat 95% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata 87,91; 3) Penerapan <br>metode pembelajaran Teka Teki Silang (TTS) dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa<br>Kelas XII SMA Negeri 10 Tebo. Untuk itu peneliti menyarankan bagi guru untuk menggunakan <br>metode pembelajaran Teka Teki Silang (TTS) pada kegiatan belajar mengajar mata pelajaran <br>Ekonomi.</p>2023-07-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 SITI MUNAWARAHhttps://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/100UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS UNTUK SISWA SMAN 3 TEBO TAHUN PELAJARAN 2022/20232023-06-23T11:39:29+00:00NURHAYATI NURHAYATInurhayatinadifa@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar matematika siswa dengan <br>menggunakan model kooperatif tipe Pair Check pada siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 3 Tebo <br>provinsi Jambi semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian <br>Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI <br>IPA-1 SMA Negeri 3 Tebo provinsi Jambi semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang <br>berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan <br>lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil <br>penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Pair Check dapat meningkatkan aktifitas <br>belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas kelas XI IPA-1 SMA Negeri 3 Tebo provinsi Jambi <br>semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian tersebut menunjukkan peningkatan <br>aktifitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa. Persentase aktifitas belajar siswa <br>meningkat terlihat dari lembar observasi siswa dari 55,7% siswa pada siklus I menjadi 78,13% <br>siswa pada siklus II dengan kategori baik. Peningkatan aktifitas belajar siswa diikuti dengan <br>peningkatan rerata persentase hasil belajar matematika siswa dari 46,9% pada siklus I menjadi <br>79,43% pada siklus II.</p>2023-07-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 NURHAYATI NURHAYATIhttps://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/133IMPLEMENTASI MODEL SIUUL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK AUTIS BERBASIS MEDIA GAMBAR2023-08-13T05:15:59+00:00RETNO ZEN ASTUTIretnozen20@gmail.comYULYATI MULYANTOretnozen20@gmail.com<p>Anak autis mengalami kesulitan berbicara. Kemampuan berbicara anak sangat minim, anak hanya ingin menirukan bunyi atau kata, terdapat kesalahan fonologi/bunyi bahasa dan pelafalan/pelafalan yang kurang jelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan apakah penerapan teknologi asesmen kosa kata media visual berpengaruh terhadap keterampilan berbicara anak autis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan eksperimen Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subyek penelitian adalah siswa SLB Harapan Bangsa Autis yang didiagnosa autisme ringan. Ketika intervensi dilakukan selama 12 sesi, keterampilan berbicara anak berubah secara signifikan. Hasil observasi fase utama (A) menunjukkan kisaran stabil 6-7 dan arah trend mendatar. Pada fase intervensi (B) menunjukkan kisaran 7-10 dan arah trend naik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak autis dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik pengenalan suara berbasis gambar.</p>2023-08-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 RETNO ZEN ASTUTI, YULYATI MULYANTOhttps://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/134MANAJEMEN SUMBER DAYA PENDIDIK TAMAN KANAK-KANAK ISTIQOMAH SAMBAS KABUPATEN PURBALINGGA2023-08-13T06:01:04+00:00FITRI HANDAYANI214120500003@mhs.uinsaizu.ac.idNURFUADI NURFUADI214120500003@mhs.uinsaizu.ac.id<p>Mutu pendidikan ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah sumber daya manusia, untuk itu dalam mengelola SDM tersebut diperlukan manajemen yang baik. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sebagai bagian dari manajemen umum juga memiliki peran penting dalam pengelolaan pendidikan. Pendidik sebagai salah satu sumber daya manusia di lembaga pendidikan perlu di manage dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen sumber daya pendidik di TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dimana peneliti mencoba memahami makna berbagai peristiwa dalam setting tertentu dengan sudut pandang peneliti sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang berarti penulis melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pelaku yang dapat diamati dan/atau informasi secara langsung dengan mengunjungi lokasi yang berada di TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Sumber Daya Pendidik di TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga sudah berhasil diterapkan. Indikator dinyatakan berhasil dalam manajemen sumber daya pendidik adalah terlaksananya fungsi-fungsi manajemen yang meliputi: 1) analisis kebutuhan sumber daya pendidik, 2) rekrutmen sumber daya pendidik, 3) pelatihan dan pengembangan pendidik, 4) penempatan pendidik, 5) monitoring pendidik, 6) evaluasi kerja pendidik, dan 7) reward dan punishment yang dijalankan oleh TK Istiqomah Sambas Purbalingga. Sumber daya pendidik memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di TK Istiqomah Sambas Kabupaten Purbalingga.</p>2023-08-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 FITRI HANDAYANI, NURFUADI NURFUADI