PEMANFAATAN APLIKASI EDUKASI DALAM PENANAMAN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • MUSFITHAH SARI Universitas Trunojoyo

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v2i2.334

Keywords:

aplikasi, edukasi, literasi, digital, sekolah dasar

Abstract

Literasi digital mengacu pada kekompakan, perspektif, dan keterampilan orang-orang yang secara implisit menggunakan teknologi digital dan sistem komunikasi untuk menemukan, mengatur, menghubungkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengembangkan informasi. Budaya literasi atau yang bisa disebut melek huruf menjadi tujuan pemerintah saat ini karena memungkinkan mereka menciptakan sumber daya berkualitas tinggi yang mengikuti perkembangan waktu dan teknologi. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui manfaat apikasi edukasi dalam penanaman literasi digital pada Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan dengan mencari 7 artikel yang relevan yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan temuan 6 artikel  jurnal ilmiah, dapat disimpulkan bahwa dengan menyediakan lingkungan yang mendorong membaca, menulis, dan literasi serta mendukung program literasi sekolah di rumah. Karena beberapa orang tidak menyadari betapa pentingnya mereka mendukung literasi anak-anak , siswa sekolah dasar harus dilatih dalam keterampilan literasi digital. Ini akan membantu mereka memahami dan menggunakan media digital dengan benar. Disimpulkan bahwa, aplikasi edukasi merupakan salah satu strategi efektif dalam meningkatkan literasi digital di kalangan siswa sekolah dasar, karena aplikasi edukasi dapat meningkatkan interaktivitas pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

MUSFITHAH SARI. (2024). PEMANFAATAN APLIKASI EDUKASI DALAM PENANAMAN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 2(2), 61–68. https://doi.org/10.61116/jkip.v2i2.334

Issue

Section

Articles