PERAN GURU DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR KONDUSIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
guru, lingkungan, belajar, kondusif, siswa, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar kondusif bagi siswa sekolah dasar untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui analisis dokumen dari literatur nasional dan internasional yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar, tetapi juga sebagai motivator, fasilitator, demonstrator, dan evaluator yang penting dalam membangun suasana belajar yang menyenangkan serta produktif. Pengelolaan kelas yang efektif, hubungan positif dengan siswa, serta penggunaan media pembelajaran yang menarik merupakan faktor kunci dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengelola lingkungan belajar yang mendukung, yang pada gilirannya mempengaruhi kualitas pengajaran dan prestasi akademis siswa secara keseluruhan, sehingga menciptakan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.