PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI SEBAGAI METODE PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

Authors

  • Salma'A Atikah Rahmawati Universitas Sebelas Maret
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret

Keywords:

media, animasi, minat, fisika

Abstract

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sebagai pelajaran yang menantang dan tidak jarang menjadi mata pelajaran yang kurang diminati oleh peserta didik karena melibatkan konsep-konsep abstrak yang sulit dipahami. Penggunaan media animasi dalam pembelajaran dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini. Artikel ini membahas efektivitas media animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika, berdasarkan penelitian survei terhadap berbagai jenjang pendidikan menengah hingga tinggi yang telah menggunakan media ini dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media animasi merupakan salah satu cara efektiv dalam meningkatkan pemahaman dan minat peserta didik terhadap konsep-konsep fisika yang kompleks. Artikel ini juga mengidentifikasi kelemahan dalam penerapan media animasi, termasuk kebutuhan akan pengembangan interaktivitas dan aksesibilitas.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Salma’A Atikah Rahmawati, & Ani Rakhmawati. (2024). PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI SEBAGAI METODE PENINGKATAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 2(1), 22–29. Retrieved from https://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/321

Issue

Section

Articles