IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nafiatul Khoir Universitas Trunojoyo Madura
  • Ade Cyntia Pritasari Universitas Trunojoyo

Keywords:

kurikulum merdeka, kualitas pendidikan, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan kajian literatur sebagai sumber data. Hasil studi mengindikasikan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar menunjukkan dampak positif dalam menciptakan lingkungan belajar yang fleksibel dan responsif. Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada guru untuk memilih metode pembelajaran dan materi sesuai kebutuhan siswa, serta menekankan pembelajaran berbasis proyek dan penguatan profil pelajar Pancasila. Dampaknya, siswa lebih aktif, mandiri, dan mampu mengembangkan keterampilan abad 21. Tantangan utama meliputi keterbatasan pelatihan guru, minimnya sumber daya, dan kurangnya keterlibatan orang tua. Solusi yang diajukan meliputi peningkatan pelatihan guru, pemanfaatan teknologi, penguatan fasilitas pembelajaran, dan sosialisasi yang lebih baik kepada masyarakat. Kesimpulannya yaitu Kurikulum Merdeka sangat efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan fleksibel. Meski menghadapi berbagai tantangan, kurikulum ini mampu memberikan dampak positif terhadap siswa dan guru, serta memiliki potensi besar untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Nafiatul Khoir, & Ade Cyntia Pritasari. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 2(1), 14–21. Retrieved from https://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/320

Issue

Section

Articles