ANALISIS KEBUTUHAN PENILAIAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Keywords:
penilaian, media, pembelajaran, digital, matematikaAbstract
Kemajuan teknologi digital telah mendorong penggunaan media pembelajaran dan penilaian berbasis digital dalam pendidikan, termasuk pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran dan penilaian digital pada materi pecahan di kelas V SD Negeri Kraton. Penelitian menggunakan pendekatan mixed-method dengan desain Concurrent Triangulation. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang diisi oleh siswa, sementara data kualitatif didapatkan dari wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital dinilai lebih efektif dibandingkan metode tradisional dalam meningkatkan minat belajar siswa, meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan akses dan kurangnya perangkat teknologi. Sebagian besar siswa telah terbiasa menggunakan media digital untuk belajar, tetapi mereka masih membutuhkan pelatihan untuk mengoptimalkan penggunaannya. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan media pembelajaran digital yang lebih interaktif dan relevan untuk memfasilitasi pembelajaran materi pecahan, serta penguatan infrastruktur teknologi di sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.