ANALISIS KEBUTUHAN PENILAIAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Shifani Diva Anggraeni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lussy Anggraini Universitas Negeri Yogyakarta
  • Indah Nuraeni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Siti Laila Putri Rahmawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nadia Roosna Alyyani Universitas Negeri Yogyakarta
  • Visigina Beceria Benu Universitas Negeri Yogyakarta

Keywords:

penilaian, media, pembelajaran, digital, matematika

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mendorong penggunaan media pembelajaran dan penilaian berbasis digital dalam pendidikan, termasuk pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran dan penilaian digital pada materi pecahan di kelas V SD Negeri Kraton. Penelitian menggunakan pendekatan mixed-method dengan desain Concurrent Triangulation. Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang diisi oleh siswa, sementara data kualitatif didapatkan dari wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital dinilai lebih efektif dibandingkan metode tradisional dalam meningkatkan minat belajar siswa, meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan akses dan kurangnya perangkat teknologi. Sebagian besar siswa telah terbiasa menggunakan media digital untuk belajar, tetapi mereka masih membutuhkan pelatihan untuk mengoptimalkan penggunaannya. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan media pembelajaran digital yang lebih interaktif dan relevan untuk memfasilitasi pembelajaran materi pecahan, serta penguatan infrastruktur teknologi di sekolah.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Shifani Diva Anggraeni, Lussy Anggraini, Indah Nuraeni, Siti Laila Putri Rahmawati, Nadia Roosna Alyyani, & Visigina Beceria Benu. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENILAIAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 2(1), 1–7. Retrieved from https://jurnalcendekia.id/index.php/jkip/article/view/311

Issue

Section

Articles