PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELAS B
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.232Keywords:
media flipchart, kemampuan membaca permulaanAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design yang bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran dengan media flipchart terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Yasbar setelah diberi perlakuan. Tujuan lainnya adalah untuk mengidentifikasi apakah media flipchart memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak pada kelompok B di TK Yasbar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media flipchart, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca permulaan anak. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 23 anak didik di TK Yasbar Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan total 20 anak sebagai sampel yang terbagi menjadi 10 anak dalam kelompok eksperimen dan 10 anak dalam kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non-parametrik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 22 sedangkan pada kelompok kontrol 15, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan membaca permulaan anak pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Dengan kata lain, media flipchart memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.