PENGARUH MEDIA LEGO HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK

Authors

  • SUSI TRISNAWATY Mahasiswa Universitas Negeri Makassar
  • AZIZAH AMAL Dosen Universitas Negeri Makassar
  • SYAMSUARDI SYAMSUARDI Dosen Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.226

Keywords:

lego, kemampuan membaca, anak usia dini

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan lego terhadap kesanggupan membaca awal pada anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif yaitu penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh metode ekperimen terhadap kemampuan awal membaca anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Two Groups Pretest Posttest Design, yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan.Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks menggunakaan aplikasi SPSS diperoleh Asymp Sig (2-tailed) 0,05 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh permainan lego huruf terhadap kemampuan membaca awal anak. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal anak yang menerima perlakuan permainan lego huruf lebih baik dibandingkan anak yang meneima perlakuan.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

TRISNAWATY, S., AMAL, A., & SYAMSUARDI, S. (2023). PENGARUH MEDIA LEGO HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 336–341. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.226

Issue

Section

Articles