PENGARUH PENERAPAN METODE ALONE PROJECT TERHADAP KREATIVITAS MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN KERTAS ORIGAMI USIA 4-5 TAHUN DI TK

Authors

  • IRKA ANUGRAHWATI Mahasiswa Unversitas Negeri Makassar
  • PARWOTO PARWOTO Dosen Unversitas Negeri Makassar
  • HERLINA HERLINA Dosen Unversitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.213

Keywords:

metode alone project, kreativitas, origami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode alone proyek menggunakan media kertas origami dalam kegiatan melipat di Taman Kanak-kanak Aiyiyah Bustanul Athfal Ujung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang anak dengan 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 orang anak pada kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah diceklis dan dan analisis nonparametrik Teknik analisis data yang digunakan adalah diceklis dan dan analisis nonparametrik Berdasarkan hasil penelitian bahwa  penerapan metode alone proyek terhadap  kreativitas menggunakan media kertas origami kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok control. Hasil analisis data yang diperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 14,00  sedangkan pada kelompok kontrol 13,00 , maka H ₒ ditolak  dan  Hₗ   diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan setelah penerapan metode alone project terhadap kreativitas menggunakan media kertas origami anak usia dini di Taman Kanak-kanak TK Aiyiyah Bustanul Athfal Ujung

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

ANUGRAHWATI, I., PARWOTO , P., & HERLINA, H. (2023). PENGARUH PENERAPAN METODE ALONE PROJECT TERHADAP KREATIVITAS MENGGUNAKAN MEDIA BAHAN KERTAS ORIGAMI USIA 4-5 TAHUN DI TK. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 325–330. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.213

Issue

Section

Articles