PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS IX.1 SMP NEGERI 3 BUAY PEMUKA PELIUNG

Authors

  • MUHAMMAD SHOHEH SMP Negeri 3 Buay Pemuka Peliung

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.206

Keywords:

Hasil Belajar, PAI, Model Problem Based Instruction

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Tujuan penelitian ini adalah: a.) Untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. b.) Untuk meningkatkan kinerja guru. c.) Untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Problem Based Instruction di kelas IX.1 SMP Negeri 3 Buay Pemuka Peliung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Penelitan ini mengambil subjek siswa di kelas IX.1 SMP Negeri 3 Buay Pemuka Peliung sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan model Problem Based Instruction mengalami peningkatan yaitu dengan rincian Pada Prasiklus diperoleh nilai ketuntasan belajar 53,57% dengan nilai rata-rata 69,82 dan nilai tertinggi 90 terendah 55. Pada Siklus I nilai ketuntasan belajar yaitu 71,43% dengan nilai rata-rata 78,21 dan nilai tertinggi 95 terendah 65. Dan pada Siklus ke II nilai ketuntasan belajar meningkat menjadi 96,43% dengan nilai rata-rata 83,93 dan nilai tertinggi 95 terendah 70. Sehingga kesimpulannya dari penelitian ini adalah dengan model Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IX.1 SMP Negeri 3 Buay Pemuka Peliung.

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

SHOHEH, M. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS IX.1 SMP NEGERI 3 BUAY PEMUKA PELIUNG. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 319–324. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.206

Issue

Section

Articles