PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE IMAJINATIF DI KELAS V SD NEGERI 1 TRIKARYA
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.204Keywords:
imajinatif, bahasa indonesia, peningkatan hasilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran imajinatif pada siswa kelas V SD Negeri 1 Trikarya. Penelitian ini difokuskan pada salah satu permasalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa SD Negeri 1 Trikarya terhadap metode imajinatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak 3 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa Hasil Belajar belajar siswa mengalami peningkatan dari yaitu Siklus I (50,00%) atau ada 11 siswa dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Pada siklus II (72,73%) atau ada 16 siswa yang telah tuntas dengan nilai tertinggi 87 dan nilai terendah 55, dan pada siklus III (90,91%) atau ada 20 siswa yang telah tuntas dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60. Rata-rata nilai kelas diperoleh siklus I 65,73, siklus II 72,73 dan siklus III 74,41. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode imajinatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Trikarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.