PERMAINAN BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT WIHDATUL UMMAH KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.195Keywords:
permainan balok angka, kemampuan mengenal lambang bilanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di TKIT Wihdatul Ummah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik di TKIT Wihdatul Ummah yang berjumlah 15 orang anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini berjumlah 10 anak dengan pembagian 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = diterima dan ditolak artinya kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan Permainan Balok Angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.