PERMAINAN BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT WIHDATUL UMMAH KOTA MAKASSAR

Authors

  • NUR AMALIAH Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • A.SRI WAHYUNI ASTI Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • MUH. AKIL MUSI Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.195

Keywords:

permainan balok angka, kemampuan mengenal lambang bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan balok angka terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di TKIT Wihdatul Ummah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik di TKIT Wihdatul Ummah yang berjumlah 15 orang anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sample dalam penelitian ini berjumlah 10 anak dengan pembagian 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Hasil analisis data yang diperoleh Asym (2-tailed) =   diterima dan  ditolak artinya kemampuan mengenal lambang bilangan pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan Permainan Balok Angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia dini).

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

AMALIAH, N., ASTI, A. W., & MUSI, M. A. (2023). PERMAINAN BALOK ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT WIHDATUL UMMAH KOTA MAKASSAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 297–303. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.195

Issue

Section

Articles