PENGARUH BERMAIN PROJEK DENGAN MEDIA BALOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.193Keywords:
bermain projek dengan media balok, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh bermain projek dengan media balok terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Terdapat masalah yng ditemukan yaitu anak cenderung pasif dalam belajar, kurang berinteraksi dengan temannya, enggan menanyakan hal-hal baru, dan guru belum memfasilitasi keinginan anak bermain sesuai pilihan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis bagi kelompok anak yang mengikuti model bermain projek dan pembelajaran tutorial, untuk mengetahui pengaruh penerapan bermain projek terhadap kemampuan berpikir kritis anak. Metode yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis non parametrik. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bermain projek dengan media balok serta variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik kelas A di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 anak dengan pembagian 5 anak sebagai kelompok eksperimen dan 5 anak sebagai kelompok kontrol. Adapun hasil dari yang diperoleh dari penelitian ini adalah bermain projek dengan media balok memberikan pengaruh yang terdapat pengaruh yang signifikan pada bermain projek dengan media balok terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Islam Terpadu Nurul Fikri Makassar, dapat dilihat pada hasil uji statistik yang menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis anak pada kelompok eksperimen memperoleh nilai asymp Sig (2-tailed) yang diperoleh . Adapun hasil perhitungan kemampuan berpikir kritis anak pada kelompok kontrol memperoleh nilai asymp Sig (2-tailed)yangdiperoleh
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.