UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS EDITORIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 5 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.190Keywords:
Tutorial teman sebaya, aktivitas belajar, hasil belajar teks editorialAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teks editorial pada siswa SMA Negeri 5 Magelang menggunakan model pembelajaran tutorial teman sebaya. Tempat penelitian di SMAN 5 Magelang. Peneltian ini melibatkan 36 siswa kelas XII IPS 1 yang dilakukan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan setiap tutor membimbing secara klasikal kemudian membimbing kelompok kecil yang terdiri dari 5 anggota. Prosedur penelitian terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus menggunakan empat tahapan tindakan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa: (1) model pembelajaran Tutorial Teman Sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar. Kondisi awal aktivitas siswa menduduki kategori sedang (19,67%). Setelah ada tindakan menjadi kategori tinggi (25,08%) dan pada akhir tindakan menjadi (28,29%) kategori tinggi. Persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dari prasiklus sampai dengan siklus II sebesar (8,62%) dan (2) model pembelajaran Tutorial Teman Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS 1. Hasil belajar siswa sebelum ada tindakan (Prasiklus) pada kelas XII IPS 1 rata-rata (65) kategori cukup. Setelah menerapkan model pembelajaran tutorial teman sebaya pada Siklus I memperoleh rata-rata 73 (baik). Selanjutnya pada Siklus II skor rata-rata diperoleh angka 81 (baik). Persentase ketuntasan kelas pada Prasiklus sebesar 50%, pada Siklus I naik menjadi 58,3%, Siklus I ke Siklus II naik sebesar 11 (36,11%). Secara keseluruhan hingga akhir Siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 16 (44,44%)..Peningkatan skor rata-rata Prasiklus ke Siklus I sebesar 8,3. Siklus I ke Siklus II naik sebesar 8. Secara keseluruhan kenaikan skor rata-rata dari Prasiklus sampai dengan Siklus II, 16 (44,44%).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.