IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJAARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI/FASE F DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA SORONG
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.188Keywords:
Asesmen diagnostik, kurikulum merdeka, mata pelajaran bahasa inggrisAbstract
Penelitian ini membahas implementasi asesmen diagnostik dalam kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Inggris fase F di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sorong. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru Bahasa Inggris, dan analisis dokumen terkait kurikulum dan asesmen diagnostik non kognitif dan kognitif. Guru Bahasa Inggris di MAN Kota Sorong aktif dalam merancang dan melaksanakan asesmen diagnostik sebagai bagian dari proses pembelajaran. Mereka menggunakan berbagai instrumen asesmen seperti tes tulis, kognitif dan non kognitif, yang membantu memahami tingkat pemahaman Peserta didik secara lebih mendalam. Hasil asesmen diagnostik digunakan untuk mengidentifikasi kesenjangan pemahaman Peserta didik dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, juga melibatkan Peserta didik dalam mengevaluasi pemahaman mereka sendiri dan merencanakan tujuan pembelajaran pribadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi asesmen diagnostik dalam kurikulum Merdeka di MAN Kota Sorong mengalami perkembangan yang sangat positif.Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan asesmen non kognitif didapatkan skor nilai sikap 101, motivasi 109, kepribadian 101 dan perilaku 99 sedangkan asesmen kognitif peserta didik yang dikategorikan tuntas 73,08 dan yang belum tuntas 26,92 % menunjukan diatas rata-rata. Hal ini mendorong partisipasi aktif Peserta didik dalam proses pembelajaran dan membantu Peserta didik menjadi lebih mandiri dalam belajar. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi asesmen diagnostik dalam kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Inggris fase F di MAN Kota Sorong memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan pembelajaran yang lebih efektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.