MENGOPTIMALISASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI FONDASI KEBANGKITAN GENERASI EMAS 2045

Authors

  • SUTARJO SUTARJO MAN Insan Cendekia, Sorong Papua Barat

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.187

Keywords:

Mengoptimalisasikan, pendiddikan karakter, generasi emas 2045

Abstract

Penelitian deskrptif kualitatif bertujuan untuk mengkaji secara mendalam mengoptimalisasikan pendidikan karakter secara krusial bagi siswa. Hasil penelitian ini menganalisis berbagai strategi dan pendekatan pendidikan karakter yang mengintegrasikan kurikulum secara efektif untuk mengomtimalkan bagi siswa. Mengeksplorasi pemangku kepentingan, guru dan siswa mendukung penerapan praktik-praktik terbaik yang telah berhasil menerapkan pendidikan karakter. Peranan guru tidak hanya menstraformasikan akademik akan tetapi penanaman nilai-nilai luhur karakter. Keberhasilan ini menjadi kunci yang harus ditekankan, seperti integritas, keteladanan, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kepedulian, empati, kerjasama dan toleransi yang didasari agama yang kuat. Keberhasilan pendidikan karakter di MAN IC Sorong menjadi kebangkitan fondasi utama sebagai generasi Emas 2045 yang mendukung visi bangsa Indonesia menjadi negara maju, sejahtera, berdaulat, bermartabat, dan berkepribadian dalam tatanan dunia. Visi ini dikenal dengan sebutan "Golden Indonesia 2045". yang memiliki potensi menjadi pemimpin global yang berintegritas, berdaya saing, dan berkontribusi positif terhadap masyarakat, nusa dan bangsa.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

SUTARJO, S. (2023). MENGOPTIMALISASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI FONDASI KEBANGKITAN GENERASI EMAS 2045. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 257–262. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.187

Issue

Section

Articles