PENGARUH BERMAIN SENSORI MOTOR UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK DIKELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARURU
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.186Keywords:
Bermain bola sedang, Sensori Motor, Konsentrasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bermain Sensori Motor Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 26 orang anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 anak dengan pembagian 8 anak sebagai kelompok eksperimen dan 8 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. keterampilan motorik halus anak untuk kelompok eksperimen menunjukkan bahwa sebesar 0,011 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan motorik anak pada kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bermain Sensori Motor Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Jadi, dapat disimpilkan bahwa berimain bola sedang memberikan pengaruh yang signifikan Bermain Sensori Motor Untuk Meningkatkan Konsntrasi Belajar Anak di Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karuru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.