PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X TKKR SISWA SMK NEGERI I LINGSAR

Authors

  • MULIADI MULIADI SMKN I Lingsar Lombok Barat, NTB
  • MISLAINI MISLAINI SMKN I Lingsar Lombok Barat, NTB

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.180

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, tipe jigsaw, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa serta ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah oleh siswa. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada diskusi oleh kelompok ahli dan kelompok asal. Diskusi yang dilakukan oleh siswa bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah fisika. Masalah yang diajukan berisi tentang materi fisika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada peningkatan hasil belajar kognitif yang berupa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan afektif siswa yang berupa keaktifan siswa saat berlangsungnya pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Published

2023-09-14

How to Cite

MULIADI, M., & MISLAINI, M. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X TKKR SISWA SMK NEGERI I LINGSAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 233–238. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.180

Issue

Section

Articles