PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF BALOK TERHADAP KECERDASAAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD BATUKARA, KOTA BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.173Keywords:
Problem Based Learning, Permainan Kontruktif, Visual SpasialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 orang anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 anak dengan pembagian 14 anak sebagai kelompok eksperimen dan 14 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik. Setelah pemberian perlakuan, dilakukan uji Wilcoxon untuk data hasil kecerdasan visual spasial anak padakelompok eksperimen yang menunjukkan nilai sebesar -2,201 dan nilai sig.(2-tailed) sebesar berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, terdapat perbedaan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning melalui permainann kontruktif balok berpengaruh terhadap kecerdasan visual spasial anak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SHABRINA HANUM SYAHARUDDIN, PARWOTO PARWOTO, SYAMSUARDI SYAMSUARDI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.