INTERNALISASI NILAI DI ZI GUI – PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DISIPLIN POSITIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.148Keywords:
Internalisasi, Di Zi Gui, Disiplin PositifAbstract
Kemerosotan nilai-nilai moral, karakter dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat adalah fenomena yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi fokus utama dalam pendidikan Indonesia. Sekolah Pahoa mengintegrasikan nilai-nilai Di Zi Gui untuk memperkuat program pendidikan karakter. Singkatnya, Di Zi Gui berfokus pada tiga bidang-cinta, kebenaran dan kecerdasan. Internalisasi nilai-nilai ini dapat dicapai dengan menggunakan berbagai strategi. Salah satunya melalui disiplin positif. Disiplin positif adalah strategi untuk mendisiplinkan siswa tanpa menggunakan hukuman. Mereka belajar melalui realisasi, konsekuensi, tanggung jawab, dan saling menghormati sehingga nilai-nilai terinternalisasi dan menjadi karakter siswa. Dalam penelitian kali ini, ada beberapa pertanyaan yang coba dijawab melalui proses lesson study. Penelitian ini menggunakan teori disiplin positif dalam proses pembelajaran dan literatur Di Zi Gui. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ANGGA SRI PRASETYO

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.