INTERNALISASI NILAI DI ZI GUI – PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DISIPLIN POSITIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • ANGGA SRI PRASETYO SMP Pahoa, Tangerang Selatan

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.148

Keywords:

Internalisasi, Di Zi Gui, Disiplin Positif

Abstract

Kemerosotan nilai-nilai moral, karakter dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat adalah fenomena yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi fokus utama dalam pendidikan Indonesia. Sekolah Pahoa mengintegrasikan nilai-nilai Di Zi Gui untuk memperkuat program pendidikan karakter. Singkatnya, Di Zi Gui berfokus pada tiga bidang-cinta, kebenaran dan kecerdasan. Internalisasi nilai-nilai ini dapat dicapai dengan menggunakan berbagai strategi. Salah satunya melalui disiplin positif. Disiplin positif adalah strategi untuk mendisiplinkan siswa tanpa menggunakan hukuman. Mereka belajar melalui realisasi, konsekuensi, tanggung jawab, dan saling menghormati sehingga nilai-nilai terinternalisasi dan menjadi karakter siswa. Dalam penelitian kali ini, ada beberapa pertanyaan yang coba dijawab melalui proses lesson study. Penelitian ini menggunakan teori disiplin positif dalam proses pembelajaran dan literatur Di Zi Gui. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

SRI PRASETYO, A. (2023). INTERNALISASI NILAI DI ZI GUI – PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DISIPLIN POSITIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 118–130. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.148

Issue

Section

Articles