KONSEP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG KESEHATAN MENTAL SISWA DI SEKOLAH

Authors

  • MAULANA ABDILLAH Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • MA’MUN HANIF Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.61116/jipp.v2i3.319

Keywords:

konsep, lingkungan pembelajaran, kesehatan mental, siswa, sekolah

Abstract

Pendidikan seharusnya tidak hanya terfokus pada aspek akademis, tetapi juga memperhatikan kesehatan mental siswa. Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kesehatan mental sangat krusial untuk membangun suasana yang aman, nyaman, dan inklusif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan emotional dan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara dalam membangun lingkungan belajar yang mendukung kesehatan mental siswa di sekolah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi elemen-elemen penting yang berkontribusi dalam menciptakan lingkungan tersebut, termasuk peran guru, kebijakan sekolah, dan interaksi sosial antar siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengembangan program pendidikan sosial-emosional, pelatihan bagi pendidik untuk mengenali gejala gangguan kesehatan mental, serta penyediaan ruang aman bagi siswa untuk mengekspresikan diri adalah faktor-faktor penting yang dapat meningkatkan kesejahteraan mental siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam merancang kebijakan yang lebih responsif terhadap kebutuhan kesehatan mental siswa, serta menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan psikologis mereka.

References

Herlina, F., & Widodo, S. (2020). Membangun sekolah yang aman dan mendukung kesehatan mental siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 112-126.

Durlak, J. A., Weissberg, R. P., Dymnicki, A. B., Taylor, R. D., & Schellinger, K. B. (2011). The impact of enhancing students' social and emotional learning: A meta-analysis of school-based universal interventions. Child Development, 82(1), 405-432.

Fazel, M., Von Hoebel, J., & Luntamo, M. (2017). Mental health in children and adolescents: Evidence for the development of effective school-based interventions. Lancet Psychiatry, 4(7), 572-583.

Depkes RI (2014). Pedoman Pelayanan Kesehatan Mental di Sekolah. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sutrisno, E. (2018). Membangun Kesehatan Mental Siswa di Sekolah: Tinjauan dan Perspektif Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(2), 130-140.

Suharto, W. (2020). Peran Sekolah dalam Menjaga Kesehatan Mental Siswa. Jakarta: Penerbit Pendidikan.

Slamet, H., & Wirawan, H. (2019). Mengurangi Stres Siswa melalui Pendidikan Karakter dan Konseling di Sekolah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(3), 215-226.

Anggreni, N. M. S., & Immanuel, A. S. (2020). Model School Well-Being Sebagai Tatanan Sekolah Sejahtera Bagi Siswa. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(3), 146–156.

Djannah, M. (2020). Pengaruh Kesehatan Mental di Tengah Wabah Covid-19 Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 4, 2403–2414.

Fatimah, F. (2019). Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Piri Jati Agung. UIN Raden Intan Lampung.

Wati, A. K., & Muhsin, M. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813.

Zulfia, I., Meilinda, M., Ilma, N., & Muskhafiyah, S. (2021). Kesehatan Mental Remaja Pada Masa Pandemi. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 11–19.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

MAULANA ABDILLAH, & MA’MUN HANIF. (2024). KONSEP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG KESEHATAN MENTAL SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 2(3), 110–116. https://doi.org/10.61116/jipp.v2i3.319

Issue

Section

Articles