UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 70 JAKARTA

Authors

  • Nurkomaria SMP Negeri 70 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61116/jipp.v1i1.3

Keywords:

Prestasi belajar, Discovery Learning, Transformasi Geometri

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023, yaitu pada bulan Oktober sampai November 2022. Penelitian berlangsung di SMP Negeri 70 Jakarta untuk mata pelajaran matematika, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX, dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Discovery learning  melalui  penelitian   tindakan kelas dua siklus, data  penelitian   diperoleh  melalui tes hasil belajar, observasi keterlaksanaan Discovery learning dan observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data telah terjadi peubahan tingkat prestasi peserta didik menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari perubahan hasil nilai rata-rata kelas dari 65,4 sebelum tindakan , namun setelah dilakukan tindakan  pada siklus 1 menjadi 73,5  dengan  ketuntasan  belajar 58,3%  sedangkan pada siklus II  jumlah  ketuntasan belajarnya naik  menjadi 86,1 % dengan rata-rata hasil belajar 82,4 . Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan  pembelajaran Discovery learning    mampu meningkatkan prestasi belajar  peserta didik terhadap materi Transformasi Geometri  pada mata pelajaran Matematika  di kelas IX  SMP Negeri  70  semester ganjil  tahun pelajaran 2022-2023.

References

Arikunto, Suharsimi (2007). Manajemen Penelitian Jakarta :Rineka Cipta

Bundu, P (2006) Penilaian Ketrampilan proses dan Sikap Ilmiah, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tingkat Tinggi Direktorat Ketenagaan

Illahi ,M.T (2012) Pembelajaran Discovery , Strategi dan Mental Vocational Skill, Jogyakarta : Diva Pres

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena

M. Agus Fanani & Suyoto (2020). Peningkatan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Matematika Transformasi Geometri Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Jogoroto Melalui Pembelajaran Model Discovery Learning , Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan Volume. 27,no 1 September 2020. p 12-21.ISSN 2621-8941 hal 18

Rusman.( 2010 ). Model-model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Pres

Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.Kementrian

Syah M. (2004) Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya

Suriasumantri,Jujun.S.( 2009).Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan

Suyitno,A (2004 )Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I, Semarang : Universitas Negeri Semarang

Wena, Made.( 2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Nurkomaria. (2023). UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 70 JAKARTA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(1), 9–19. https://doi.org/10.61116/jipp.v1i1.3

Issue

Section

Articles