UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 15 MATARAM

Authors

  • I MADE SONNY GUNAWAN Universitas Pendidikan Mandalika
  • HARIADI AHMAD Universitas Pendidikan Mandalika
  • SRI HELMI SMP NEGERI 15 MATARAM

DOI:

https://doi.org/10.61116/jipp.v2i1.299

Keywords:

konseling kelompok, cognitive restructuring, motivasi berprestasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui konseling kelompok cognitive
behavior therapy pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Sampel penelitian ini adalah populasi di kelas VIII-1
msebanyak 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi
berprestasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teknik persentase. Hasil penelitian
menunjukan konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) efektif dapat meningkatkan motivasi
berprestasi siswa.

References

Alfonso, D.J. (2013). Cognitive-behavior intervention group counseling manual for reducing

adolescents’ career indecision. International Journal of Research Studies in Education,

( 2), 61-70.

Corey, G. (2012). Theory and Practice of Group Counseling. Belmont USA: Brooks/Cole.

Desmita. (2005). Hubungan Antara Stress Sekolah Dengan Derajat Stress Dan Strategi

Penanggulangan Pada Siswa MAN Model Bukittinggi. Tesis. Bandung: Universitas

Padjajaran.

Lim, Ji young. et.al. (2010). The effects of a cognitive-behavioral therapy on career attitude

maturity, decision making style, and self-esteem of nursing students in Korea. Journal of

Nurse Education Today, 30 (8), 731-736.

McClelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., & Lowell, E. L. (1958). A scoring manual for

the achievement motive. In J. W. Atkinson (Ed.), Motives in fantasy, action, and society

(pp. 179-204). Princeton, NJ: D. Van Nostrand Company, Inc.

Penedo, Frank J. (2008). Cognitive-behavioral stress management. New York: Oxford University

Press.

Prendes, A. Antonio González & Kimberly Brisebois. (2012). Cognitive-Behavioral Therapy and

Social Work Values: A Critical Analysis. Journal of Social Work Values and Ethics, 9

(2), 1-9.

Rumiani. (2006). Prokratinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa.

Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3 (2) 37-48.

Santrock, John W. (2001). Educational Psychology International Ed. New York: McGraw-Hill.

Santoso, S. (2001). Buku Latihan SPSS Statistik Non Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media

Komputindo.

Schunk, D.H; Pintrich, P.R. & Meece, J.L. (2008). Motivation in Educational: Theory, Research and Application (3

Ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Wahyudi. (2010). Memahami Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Guru Membangun, 25 (3), 1-6.

Weiner, I. B. (1982). Child and adolescent Psychopathology. USA: John Wiley & Sons, Inc. rd

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

SONNY GUNAWAN, I. M., AHMAD, H., & HELMI, S. (2024). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 15 MATARAM. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 2(1), 16–24. https://doi.org/10.61116/jipp.v2i1.299

Issue

Section

Articles