UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MELALUI KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 15 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.61116/jipp.v2i1.299Keywords:
konseling kelompok, cognitive restructuring, motivasi berprestasiAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi berprestasi melalui konseling kelompok cognitive
behavior therapy pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan desain
penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Sampel penelitian ini adalah populasi di kelas VIII-1
msebanyak 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi
berprestasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teknik persentase. Hasil penelitian
menunjukan konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) efektif dapat meningkatkan motivasi
berprestasi siswa.
References
Alfonso, D.J. (2013). Cognitive-behavior intervention group counseling manual for reducing
adolescents’ career indecision. International Journal of Research Studies in Education,
( 2), 61-70.
Corey, G. (2012). Theory and Practice of Group Counseling. Belmont USA: Brooks/Cole.
Desmita. (2005). Hubungan Antara Stress Sekolah Dengan Derajat Stress Dan Strategi
Penanggulangan Pada Siswa MAN Model Bukittinggi. Tesis. Bandung: Universitas
Padjajaran.
Lim, Ji young. et.al. (2010). The effects of a cognitive-behavioral therapy on career attitude
maturity, decision making style, and self-esteem of nursing students in Korea. Journal of
Nurse Education Today, 30 (8), 731-736.
McClelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., & Lowell, E. L. (1958). A scoring manual for
the achievement motive. In J. W. Atkinson (Ed.), Motives in fantasy, action, and society
(pp. 179-204). Princeton, NJ: D. Van Nostrand Company, Inc.
Penedo, Frank J. (2008). Cognitive-behavioral stress management. New York: Oxford University
Press.
Prendes, A. Antonio González & Kimberly Brisebois. (2012). Cognitive-Behavioral Therapy and
Social Work Values: A Critical Analysis. Journal of Social Work Values and Ethics, 9
(2), 1-9.
Rumiani. (2006). Prokratinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa.
Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3 (2) 37-48.
Santrock, John W. (2001). Educational Psychology International Ed. New York: McGraw-Hill.
Santoso, S. (2001). Buku Latihan SPSS Statistik Non Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media
Komputindo.
Schunk, D.H; Pintrich, P.R. & Meece, J.L. (2008). Motivation in Educational: Theory, Research and Application (3
Ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Wahyudi. (2010). Memahami Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Guru Membangun, 25 (3), 1-6.
Weiner, I. B. (1982). Child and adolescent Psychopathology. USA: John Wiley & Sons, Inc. rd
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.