PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.61116/jipp.v2i1.282Keywords:
bullying, konseling kelompok, role playingAbstract
Bullying merupakan perilaku agresif yang disengaja, dan dilakukan oleh sekelompok orang atau seseorang secara berulang-ulang dari waktu kewaktu terhadap kobannya. Upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir bullying di sekolah adalah dengan mengoptimalkan peran bimbingan dan konseling melalui pemberian layanan responsif dengan melakukan konseling yang menekankan pada teknik-tekniknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik role playing terhadap perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini menggunakan model pre-eksperimen dengan desain one group pre-test-post-test. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket berupa kuesioner yang dikembangkan berdasarkan indikator dari perilaku bullying. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk memperoleh data adalah 6 orang siswa yang memiliki kriteria perilaku bullying dengan kategori tinggi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test. Dalam penelitian ini perilaku bullying dapat diminimalisir dengan teknik role playing, dan secara tidak langsung dari penerapan teknik role playing dapat meningkatkan empati siswa sehingga mampu merasakan keadaan psikologis orang lain sebelum melakukan tindakan.
References
Capuzzi, D., & Gross, D, R. (2017). Introduction to counseling profession (7th edition). London and New York: Routledge.
Craig, W., Pepler, D., & Blais, J. (2007). Responding to bullying what works?. School Psychology International, 28(4), 465-477.
Erford, B.T. (2015). 40 Techniques Every Counselor Should Know. New York: Pearson Education, Inc.
Farrington, M, T, D. (2009). What works in preventing bullying: Effective elements of anti-bullying programmes. Aggression, Conflict and Peace Research, 1(1), 13-24.
Gunawan, I, M, S., & Hasnawati. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam upaya pencegahan bullying di sekolah. At-Taujih: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1 (2), 67-78.
Gunawan, I.M.S., Mungin, E.W., Purwanto, E., & Sunawan, S. (2019). Group counseling of values clarification to increase middle school students’ empathy. Psicologia Educativa, 25 (2), 169-174.
Hackney, H., & Cormier, L. (2012). The Professional Counselor: A Process Guide to Helping. Upper Saddle River: Pearson Merrill.
Harviaainen, J. T. (2009). A hermeneutical approach to role playing analysis. International Journal of Role-Playing, 1 (1), 66-78.
Houbre, B., Tarquinio, C., & Thuillier, I. (2006). Bullying among students and its consequences on health. Psychology of Education, 21 (2), 183-208.
James, R.K., & Gilliland, B.E. (2003). Theories and Strategies in Counseling and Psychotherapy. Boston: Allyn & Bacon.
Klomek, A, B., Marrocco, F., Kleinman, M., Schonfeld, I, S., & Guild, M, S. (2007). Bullying, depression, and suicidality in adolescents. American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 46 (1), 40-49.
Nansel, T., Overpeck, M., Haynie, D., Ruan, J., Scheidt, P. (2003). Relationships between bullying and violence among U.S. youth. Archives of Pediatric and Adolescent Medicine, 157, 348-353.
Olweus, D. (1993). Bullying at school. Blackwell, Cambridge, MA.
Sapitri, W, A. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Semarang: Guepedia.
Sugiyono. (2019). Metoode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabet.
Sulisrudatin, Nunuk. (2015). Kasus bullying dalam kalangan pelajar (Suatu tinjauan kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5 (2), 57-70.
Tolan, J., & Landrum, S. (1995). Case Material and Role Play in Counselling Training. London and New York: Routletge.
Wibowo, M, E. (2005). Konseling kelompok perkembangan. Semarang: UPT UNNES Press.
Wiyani, N, A. (2012). Save our Children from School Bullying. Jogjakarta. AR-Ruzz Media.
Yuliani, S., Widianti, E., Sari, S, P. (2018). Resiliensi remaja dalam menghadapi perilaku bullying. Jurnal Keperawatan BSI, 6 (1), 77-86.
Yuniati, R, T. (2022). Mengurangi perilaku bullying melalui metode role playing di MTs Negeri 2 Purbalingga. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 2 (1), 80-85.
Zakiyah, E, Z., Humaedi, S., & Santoso, M, B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2), 324-330.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.