DAMPAK FAKTOR MINAT TERHADAP PARTISIPASI PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PELAJARAN AGAMA KATOLIK PADA KELAS VII DAN VIII SMPK SANTA MARIA ASSUMPTA KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.61116/jipp.v2i1.267Keywords:
Agama katolik, minat belajar, partisipasi dalam pembelajaranAbstract
Perkembangan manusia ditentukan oleh faktor bawaan dan lingkungan. Salah satu faktor lingkungan yang mempengaruhi perkembangan manusia adalah pendidikan. Pendidikan berfungsi mengembangkan segala potensi yang ada dalam diri manusia. Salah satu mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh seorang peserta didik adalah mata pelajaran Agama. Pendidikan Agama Katolik di sekolah merupakan salah satu dari keseluruhan pendidikan iman Katolik maka proses pendidikan Agama Katolik lebih berbentuk komunikasi iman dan interaksi iman. Minat belajar selalu berkaitan dengan tujuan mengapa seseorang melakukan kegiatan belajar. Dengan demikian minat belajar merupakan hal penting dalam kegiatan pembelajaran. Adanya minat juga berpengaruh pada hasil belajar yang akan dicapai sebab kuat lemahnya minat belajar seorang peserta didik mempengaruhi keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r lebih besar dari nilai r tabel dalam taraf signifikan 5% untuk N=100. Hasilnya adalah 0,761 > 0,001 maka dapat dikatakan ada hubungan antara minat belajar dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti pelajaran Agama Katolik pada kelas VII dan VIII SMPK Sta. Maria Assumpta Kupang.
References
Setiasih, & Setianingrum, I. (2007) Statistik Deskriptif. Surabaya: Fakultas Psikologi UBAYA.
Drost, J. I. G. M. (1998). Sekolah: Mengajar Atau Mendidik?. Yogyakarta: Kanisius.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. (2013). Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti (Buku Guru) SMP Kelas VIII. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Hardawirjana Sj., R. (1993). Konsili Vatikan II: Gravissimum Educationis, Pernyataan tentang Pendidikan Kristen (28 Oktober 1965). Jakarta: Obor.
Nurhadi dan Senduk, A. G. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya. Malang: UNM.
Soenarto. (1999). Pendidikan Agama Katolik untuk SLTP, Guru 2 Yesus adalah Guruku. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiono (2000). Tes Prestasi: Fungsi Dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Jakarta: Erlangga.
Sugiono (2004). Reliabilitas dan Validitas / 3rd.ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf LN, S. & Nurihsan, A. J. (2008). Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.