PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA TERPADU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI
DOI:
https://doi.org/10.61116/jipp.v1i3.244Keywords:
prestasi belajar, inquiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiri dalam meningkatkan prestasi belajar IPA terpadu pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D di SMP Negeri 1 Suralaga yang berjumlah 21 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes evaluasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menganalisis data hasil belajar, tidak hanya itu akan tetapi juga menganalisi hasil observasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA terpadu siswa.
References
Baharuddin & Wahyuni, E. A. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Damayanti, I. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JPGSD, 2(3).
Depdikbud. 1993. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kementrian Pendidikan Kebudayaan 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Komsiyah, I. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.