PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA TERPADU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI

Authors

  • MULYANI SMP Negeri 1 Suralaga

DOI:

https://doi.org/10.61116/jipp.v1i3.244

Keywords:

prestasi belajar, inquiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiri dalam meningkatkan prestasi belajar IPA terpadu pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-D di SMP Negeri 1 Suralaga yang berjumlah 21 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes evaluasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan menganalisis data hasil belajar, tidak hanya itu akan tetapi juga menganalisi hasil observasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA terpadu siswa.

References

Baharuddin & Wahyuni, E. A. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Damayanti, I. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. JPGSD, 2(3).

Depdikbud. 1993. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar). Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kementrian Pendidikan Kebudayaan 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Komsiyah, I. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

MULYANI. (2023). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA TERPADU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(3), 141–146. https://doi.org/10.61116/jipp.v1i3.244

Issue

Section

Articles