REALISASI, EVALUASI TERHADAP KEBIJAKAN MBKM DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Authors

  • TUTUT SUGIARTI Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.61116/jipp.v1i3.215

Keywords:

realisasi, evaluasi, MBKM

Abstract

MBKM dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan kompetensi baru melalui beberapa kegiatan pembelajaran di antaranya pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, riset, proyek independen, kegiatan wirausaha, proyek kemanusiaan, mengajar di sekolah, dan proyek di desa/kuliah kerja nyata tematik. Tujuan kebijakan MBKM, program “hak belajar tiga semester di luar program studi” adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Desain penelitian berupa penelitian diskriptif analisis tentang realisasi dan evaluasi kebijakan “merdeka belajar kampus merdeka” di Program Studi Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan instrumen. Realisasi kebijakan MBKM di Program Studi Psikologi  mencakup pertukaran mahasiswa, magang/Praktik Kerja, Asistensi Mengajar dan Penelitian. Evaluasi MBKM di Program Studi Psikologi antara lain Sosialisasi MBKM masih kurang terhadap dosen dan mahasiswa di Program Studi Psikologi dan Kurikulum belum bisa optimal disesuaikan dengan program MBKM ini dikarenakan mahasiswa Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang masih banyak yang membutuhkan kompetensi dibidang sesuai rumpun keilmuannya baik Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Organisasi.

Downloads

Published

2023-07-02

How to Cite

SUGIARTI, T. (2023). REALISASI, EVALUASI TERHADAP KEBIJAKAN MBKM DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(3), 121–132. https://doi.org/10.61116/jipp.v1i3.215

Issue

Section

Articles