KESULITAN UMUM SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMAHAMI MATERI MATEMATIKA

Authors

  • BAIQ RILA FITRIANA MUSTIKA Sekolah Menengah Pertama IT Dhiyaul Islam Seruni Mumbul

DOI:

https://doi.org/10.61116/jiim.v2i1.469

Keywords:

kesulitan, umum, siswa, sekolah menengah pertama, memahami, materi, matematika

Abstract

Penelitian tinjauan literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan-kesulitan umum yang dihadapi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam memahami materi matematika. Matematika, sebagai mata pelajaran fundamental, seringkali menjadi sumber tantangan bagi siswa di jenjang SMP. Tinjauan ini mensintesis temuan-temuan dari berbagai penelitian yang meneliti area-area spesifik dalam matematika yang secara konsisten menimbulkan kesulitan bagi siswa SMP, termasuk pemahaman konsep aljabar, geometri, aritmetika, dan pemecahan masalah. Penelitian ini juga mengeksplorasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan-kesulitan tersebut, seperti kemampuan kognitif, latar belakang pendidikan, metode pengajaran, dan sikap siswa terhadap matematika. Hasil sintesis literatur diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan peneliti mengenai akar permasalahan dalam pembelajaran matematika di SMP, sehingga dapat dirumuskan strategi intervensi dan pendekatan pengajaran yang lebih efektif untuk mengatasi kesulitan-kesulitan umum ini. Implikasi dari tinjauan ini menyoroti pentingnya pengembangan kurikulum yang lebih adaptif dan penggunaan metode pengajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa SMP.

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles