PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)

Authors

  • Riningsih SD Negeri 01 Trans Batumarta VI

DOI:

https://doi.org/10.61116/jiim.v1i1.35

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran TAI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: a.) Untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. b.) Untuk meningkatkan kinerja guru. c.) Untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) di kelas IV SD Negeri 01 Trans Batumarta VI. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) mengalami peningkatan dengan rincian pada siklus I nilai ketuntasan siswa yaitu (36,00%) dengan nilai rata-rata 60,20 dan nilai tertinggi 75 dan terendah 40. Pada Siklus ke II nilai ketuntasan siswa yaitu (68,00%) dengan nilai rata-rata 71,60 dan nilai tertinggi 80 dan terendah 50. Dan Pada siklus ke III nilai ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi (92,00%) dengan nilai rata-rata 80,80 dan nilai tertinggi 90 dan terendah 60.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 01 Trans Batumarta VI pada mata pelajaran Matematika.

Downloads

Published

2023-04-28

Issue

Section

Articles