PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.61116/jiim.v1i1.34Keywords:
Matematika, Hasil Belajar, NHTAbstract
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: mengetahui peningkatan motivasi Dan hasil belajar matematika setelah diterapkannya model pembelajaran Number Head Together pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Srimulyo. Ingin mengetahui model pembelajaran Number Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran matematika setelah diterapkan model pembelajaran Number Head Together pada siswa Kelas V SD Negeri 2 Srimulyo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 2 Srimulyo. Data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, (50,00%) atau ada 7 siswa yang telah tuntas dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 48. Pada siklus II siswa yang telah tuntas sebesar (71,43%) atau 10 siswa dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 55. Pada siklus III siswa yang tuntas sebesar (92,86%) atau ada 13 siswa dengan nilai tertinggi 98 dan terendah 63. sedangkan nilai rata-rata kelas diperoleh siklus I (65,21), siklus II (74,43) dan siklus III (80,00). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.