PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Authors

  • Samiyem SD Negeri Dono Harjo

DOI:

https://doi.org/10.61116/jiim.v1i1.32

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Inquiry

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: a.) Untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan di kelas. b.) Untuk meningkatkan kinerja guru. c.) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Inkuiri di kelas IV SD Negeri Dono Harjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Inkuiri mengalami peningkatan dengan rincian pada siklus I yang mencapai ketuntasan berjumlah 6 orang siswa (35,29%) dengan nilai rata-rata 66,76 dan nilai tertinggi 90 dan terendah 50. Pada Siklus ke II yang mencapai ketuntasan berjumlah 12 orang siswa yaitu (70,59%) dengan nilai rata-rata 74,41 dan nilai Tertinggi 90 dan Terendah 60. Dan Pada siklus ke III peningkatan hasil belajar siswa meningkat menjadi 16 orang siswa yaitu (94,12%) dengan nilai rata-rata 83,53 dan nilai Tertinggi 95 dan Terendah 65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan Model Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Dono Harjo.

Downloads

Published

2023-04-28

Issue

Section

Articles