EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENDORONG PEMAHAMAN KONSEP SPLDV
DOI:
https://doi.org/10.61116/jiim.v1i3.270Keywords:
Augmented reality, efektivitas pembelajaran, problem based learning, SPLDVAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Augmented Realitiy untuk mendorong pemahaman konsel SPLDV. Penelitian menggunakan metode kuantittif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest post-test only nonequivalent dengan menegunakan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu seuruh kelas VIII. Dari populasi tersebut diambil tiga kelas yaitu kelas pertama mengunakan media Augmented Reality berbasis model berbasis problem based learning, kelas kedua hanya mendapat perlakuan model problem based learning, dan kelas ketiga tidak mendapat perlakuan. Instrumen yang digunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman konsep siswa melalu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Augmented Reality (AR) lebih baik dari kelas yang tanpa menggunakan perlakuan media augumented reality dan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbass Augmented Reality (AR) dapat membantu dalam proses pembelajaran tentang materi SPLDV dan siswa memiliki tingkat pemahaman yang tinggi yang dilihat dari hasil nilai rata-rata pada penyelesaian soal yaitu 86,75.