PERKEMBANGAN MINAT PESERTA DIDIK TERHADAP MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • PUTRI SEPTEMBRIANI Universitas Indraprasta PGRI
  • HAWA LIBERNA Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.61116/jiim.v1i3.269

Keywords:

Game based learning, matematika, teori kognitif Piaget

Abstract

Matematika adalah ilmu tentang logika, mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya. Eksistensinya di dunia sangat dibutuhkan dan kehidupannya terus berkembang sejalan dengan tuntutan kebutuhan umat manusia, karena tidak ada kegiatan/tingkah laku manusia yang terlepas dari matematika. Beralasan sifat matematika yang abstrak, tidak sedikit peserta didik yang masih menganggap matematika itu sulit. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran game based learning dan dilaksanakan dalam siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan tahap refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa terhadap pembelajaran Matematika, pada siklus I, persentase keberhasilan menunjukkan 45% tergolong kurang aktif, pada siklus II meningkat menjadi 85% tergolong aktif. Metode game based learning yang telah dilaksanakan dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan dapat menegurangi kejenuhan terhadap informasi atau materi yang disampaikan, serta membuat siswa lebih aktif. Piaget meyakini bahwa anak-anak secara alami memiliki ketertarikan terhadap dunia dan secara aktif mencari informasi yang dapat membantu mereka memahami dunia tersebut. Melibatkan elemen-elemen dalam desain game-based learning dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika dengan memanfaatkan prinsip-prinsip dari teori perkembangan kognitif Piaget.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles