PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.61116/jiih.v2i4.462Keywords:
peran, teknologi, pembelajaran, bahasa inggris, era digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris di era digital, dengan fokus pada cara teknologi mengubah metode pengajaran dan pembelajaran bahasa. Di tengah kemajuan pesat teknologi informasi dan komunikasi (TIK), pembelajaran bahasa Inggris telah mengalami transformasi signifikan, baik dalam konteks pengajaran di ruang kelas maupun dalam pembelajaran mandiri melalui platform digital. Literatur yang tersedia menunjukkan bahwa teknologi, seperti perangkat lunak pendidikan, aplikasi pembelajaran bahasa, dan platform pembelajaran daring, memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris secara lebih efektif dan interaktif. Teknologi tidak hanya memfasilitasi akses terhadap materi pembelajaran yang lebih bervariasi dan menarik, tetapi juga memungkinkan interaksi yang lebih luas antara pengajar dan pelajar, serta mendukung pembelajaran yang lebih personalisasi. Meskipun demikian, tantangan seperti kesenjangan akses terhadap teknologi dan kebutuhan akan keterampilan digital yang memadai bagi pengajar dan pelajar tetap menjadi isu penting. Penelitian ini mengidentifikasi berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh teknologi dalam pembelajaran bahasa Inggris, serta hambatan yang perlu diatasi untuk memaksimalkan potensi teknologi dalam pendidikan bahasa.
References
Alqahtani, M. (2020). The role of technology in English language learning: A review of literature. Journal of Education and Practice, 11(5), 112-120. https://doi.org/10.7176/JEP/11-5-15
Anderson, C. A., & Dill, K. E. (2017). Video games and aggressive thoughts, feelings, and behavior in the laboratory and in life. Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772–790. https://doi.org/10.1037/0022-3514.78.4.772
Basyuni, M., & Syahrul, A. (2018). Enhancing English language skills through mobile applications. International Journal of Language Education, 2(4), 45-54. https://doi.org/10.4108/jle.4.2.45
Baxter, P., & Jack, S. (2018). Qualitative case study methodology: Study design and implementation for novice researchers. The Qualitative Report, 13(4), 544-559. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2008.1573
Chen, X., & Wang, J. (2021). A study on the application of mobile learning in the English language classroom. Technology, Pedagogy and Education, 30(3), 307-318. https://doi.org/10.1080/1475939X.2020.1810286
Ellis, R. (2019). The study of second language acquisition (2nd ed.). Oxford University Press.
Hockly, N. (2020). Technology and English language teaching. Modern English Teacher, 29(1), 34-41.
Hubbard, P., & Levy, M. (2019). The handbook of technology and second language teaching and learning. Wiley-Blackwell.
Kessler, G. (2018). Language learning in digital environments. Language Learning & Technology, 22(3), 1-12. https://doi.org/10.1016/j.llt.2018.03.001
Li, X., & Wang, L. (2020). The impact of digital tools on English language acquisition: A literature review. Journal of Language and Linguistics, 18(3), 25-38. https://doi.org/10.1080/14708477.2020.1738365
Reinders, H. (2017). The role of technology in language learning: Trends and developments. Language Teaching, 50(3), 406-421. https://doi.org/10.1017/S0261444817000129
Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching (3rd ed.). Cambridge University Press.
Thorne, S. L. (2021). The digital turn in applied linguistics. The Routledge Handbook of Applied Linguistics, 451-465. https://doi.org/10.4324/9780367817011
Warschauer, M., & Healey, D. (2019). Computers and language learning: An overview. Language Teaching, 47(4), 455-472. https://doi.org/10.1017/S0261444809005937
Zhang, Y., & Wang, X. (2020). Digital literacy and language learning in the 21st century: Exploring challenges and opportunities. Educational Technology Research and Development, 68(5), 1-19. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09711-5
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 BAJURI SAHNAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.