EFEKTIVITAS TERAPI BERMAIN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)

Authors

  • RAHAYU PUJI LESTARI Universitas Muhammadiyah Gresik
  • IMA FITRI SHOLICHAH Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.61116/jiih.v1i3.266

Keywords:

Autism spectrum disorder, flash card, kemampuan komunikasi, terapi bermain

Abstract

Sehat dan normal adalah sesuatu yang diidamkan oleh setiap orang tua untuk anaknya. Namun, jika dihadapkan pada kenyataan bahwa sang anak memiliki kelainan perilaku, fisik, atau mental, tentu saja perasaan sedih dan cemas akan muncul karena khawatir bahwa anak tidak akan mampu menjalani kehidupan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi pada anak Autism Spectrum Disorder (ASD) sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain flash card. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan single case experiment pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang dengan kriteria (1) subjek masuk dalam usia SD yaitu 7-12 tahun; (2) subjek telah terdiagnosa sebagai anak Autism Spectrum Disorder (ASD); (3) subjek memiliki kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal seperti kontak mata terhadap benda dan terhadap orang lain yang masih terbatas (kurang); (4) subjek bersedia mengikuti rangkaian treatment dari awal hingga akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan ATEC domain komunikasi saat pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon. Peneliti juga melakukan perhitungan gain score untuk mengetahui efektivitas media flash card. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0,008 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi pada anak Autism Spectrum Disorder (ASD) sebelum dan sesudah diberikan terapi bermain flash card.

References

Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Amir, L., Juniawan, H., & Dewy, T. S. (2021). Pengaruh Media Flashcard (Kartu Bergambar) Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) di SDLB Negeri Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021. Nursing Science Journal (NSJ), 2(2), 80-87. https://doi.org/10.53510/nsj.v2i2.81

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 138-146. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410

Boham, S. E. (2013). Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Autis (Studi Pada Orang Tua dari Anak Autis di Sekolah Luar Biasa AGCA Center Pumorow Kelurahan Banjer Manado). Acta Diurna, 2(4), 1-18.

Centers for Disease Control and Prevention. (2020). Retrieved from https://www.cdc.gov/ncbddd/autism/data.html

Christie, P., Newson, E., Prevezer, W., & Chandler, S. (2011). Langkah Awal Berinteraksi Dengan Anak Autis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Christina. (2019). Mengajar Membaca itu Mudah. Yogyakarta: CV Alaf Media.

Firdaus, & Herisanti, W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tantrum Pada Anak Autis. Medical Technology and Public Health Journal, 4(1), 55-60. https://doi.org/10.33086/mtphj.v4i1.1409

Fitriani. (2016). Pengaruh Terapi Bermain Flashcard Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Autis di SLB Autisma YPPA Padang Tahun 2016. Skripsi: Universitas Andalas.

Habibi, N. (2017). The Use of Flashcards in Improving Vocabulary Mastery of Students with Disability. INKLUSI: Journal of Disability Studies, 4(2), 197-216. https://doi.org/10.14421/ijds.040203

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Retrieved from http://www.physics.indiana.edu

Hanafi, A. (1984). Memahami Komunikasi Antar Manusia. Surabaya: Usaha Nasional.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985

Hotimah, E. (2017). Penggunaan Media Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas II MI AR-Rochman Semarang Garut. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 4(1), 10-19. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v4i1.30

Khomsin, & Rahimmatussalisa. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25-33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872

Latipun. (2002). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Mahanani, D. T., & Pamuji. (2020). Penggunaan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1), 1-5.

Nursita, D., Hamid, L., & Nurhidayah, N. (2020). Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Ekspresif Pada Anak dengan Autisme di Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 1(2), 18-26.

Parung, C. A., & Pandjaitan, L. N. (2022). Integrasi Psikoedukasi dan Flashcards untuk Melatih Komunikasi Pada Anak Autism Spectrum Disorder. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 11(3), 382-392. http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3

Reza, M. S. (2011). Aplikasi Terapi Untuk Anak Autis dengan Metode Lovass Berbasis Multimedia Interaktif. Jakarta: Universitas Islam Negeri.

Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27-35. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590

Sagita, E. L. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Flash Card Bagi Anak Autis Kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 7(1), 62-71.

Sari, S. A. (2014). Penggunaan Metode Visual Auditori Kinestetik Taktil (VAKT) terhadap Pemahaman Kosa Kata Anak Autis di SD Bhakti Wiyata Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 6(6), 1-7.

Sriyanti, L., & Fatwati, U. (2020). The Use of Flashcards to Improve Communication Skills. The Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education, 1, 27-46. Retrieved from https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/icodie/article/view/7

Sunardi, & Sunaryo. (2006). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Suteja, J. (2014). Bentuk dan Metode Terapi Terhadap Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial. Jurnal Edueksos, 3(1), 119-133. http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v3i1.325

Tambunan, D. R., & Matulessy, A. (2015). Pengaruh Terapi Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Anak Autis di Miracle Centre Surabaya. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(01), 51-60. https://doi.org/10.30996/persona.v4i1.490

Veskarisyanti, G. A. (2008). 12 Terapi Autis Paling Efektif Dan Hemat. Yogyakarta: Pustaka.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku". Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734

Yatma, M. F., Fetriyah, U. H., & Nito, P. J. (2022). Terapi Bermain Flash Card Pada Anak Autisme: Literature Review. Jurnal Nursing Army, 3(2), 10-20.

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

LESTARI, R. P., & SHOLICHAH, I. F. (2023). EFEKTIVITAS TERAPI BERMAIN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD). Jurnal Ilmiah IPS Dan Humaniora (JIIH), 1(3), 80–89. https://doi.org/10.61116/jiih.v1i3.266

Issue

Section

Articles