PENGARUH MODEL PENDEKATAN "SAVI" UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR DASAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA

Authors

  • RUDI HERNOTO SMKN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.61116/jiih.v1i3.261

Keywords:

dasar dasar akuntansi, hasil belajar, keuangan lembaga, pendekatan SAVI

Abstract

Hasil belajar adalah tujuan yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelasnya.  Guru harus mampu melaksanakan pembelajaran yang berkualitas atau bermutu agar hasil belajar siswa sesuai dengan yang telah ditetapkan.  Namun hasil observasi pada siswa kelas 10 AKL 5 SMK Negeri 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon menunjukkan hasil belajar mata pelajaran dasar dasar akuntansi dan keuangan lembaga masih belum memuaskan, sehingga perlu dilakukan upaya agar hasil belajar siswa tersebut dapat meningkat.  Salah satu upaya yang dilakukan guru adalah menerapkan model pendekatan “SAVI” yaitu Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual termasuk salah satu model pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan semua indra dengan aktivitas intelektual untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa. Model dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.  Subyek penelitian adalah siswa  kelas 10 AKL 5 SMK Negeri 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon pada tahun pelajaran 2022/2023.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran dasar dasar akuntansi dan keuangan lembaga dengan model pendekatan “SAVI” pada siswa kelas 10 AKL 5 SMK Negeri 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon.  Hasil belajar yang diperoleh siswa telah menunjukkan hasil peningkatan baik di siklus satu maupun di siklus dua.  Dengan demikian, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pendekatan “SAVI” dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 10 AKL 5 SMK Negeri 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon pada mata pelajaran dasar dasar akuntansi dan keuangan lembaga.

References

Abdullah, R. (2017). Urgensi penilaian hasil belajar berbasis kelas mata pelajaran IPS di madarasah tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2), 168-181.

Agustiani, S. (2020). Penerapan model SAVI untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas 11. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1596-1608.

Meier, D. (2015). The accelerated learning handbook terj. Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa

Nainggolan, M., Tanjung, D. S., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617-2625.

Resbiantara, R., & Hadi, S. (2014). Aplikasi metode demontrasi dengan menggunakan metode animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelayanan sistem kopling kelas 11 SMK Muhammadiyah Cangkringan tahun akademik 2013/2014. Taman Vokasi, 2(1), 74-81.

Sanistiawati, N. M., & Suryawan, I.P.P. (2019). Pengaruh model-model pembelajaran reciprocal teaching terhadap pemahaman konsep belajar matematika siswa kelas 8 SMPN 4 Amlapura. jurnal pendidikan matematika undidksha, 9(2), 65-73.

Suciati, R. M., Nurhaidah, N., & Victoria, L. (2017). Pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada sub tema hidup rukun dengan teman bermain di kelas 2 SDN 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1)

Suprihatin, D., & Hariyadi, A. (2021). Peningkatan kemampuan menentukan ide pokok melalui SAVI berbasis mind mapping pada siswa sekolah dasar. Jurnal Educatio, 7(4), 1384-1393. https://doi.org/10.31949/educatiov.7i4.1468

Downloads

Published

2023-08-20

How to Cite

HERNOTO, R. (2023). PENGARUH MODEL PENDEKATAN "SAVI" UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR DASAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA. Jurnal Ilmiah IPS Dan Humaniora (JIIH), 1(3), 90–95. https://doi.org/10.61116/jiih.v1i3.261

Issue

Section

Articles