ANALISIS KECAKAPAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Siswa di tingkat sekolah dasar perlu memiliki kemampuan berbicara yang baik. Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris merupakan keterampilan yang sangat krusial, namun banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam aspek ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh siswa dalam mempelajari bahasa Inggris, khususnya dalam kemampuan berbicara. Menguasai bahasa Inggris menjadi semakin penting dalam dunia global saat ini. Namun, siswa sekolah dasar sering mengalami tantangan dalam mengungkapkan diri dengan baik dalam bahasa Inggris. Salah satu langkah awal yang penting dalam mengatasi masalah penguasaan bahasa Inggris di tingkat dasar adalah dengan memahami dan mengevaluasi hambatan yang dihadapi siswa dalam berbicara. Di beberapa sekolah dasar di Kota Medan, siswa menghadapi kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris, dengan masalah utama adalah kurangnya kepercayaan diri dalam berkomunikasi secara lisan. Faktor bahasa dan faktor psikologis dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode observasi dan wawancara yang dilakukan di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan lima faktor utama yang menyebabkan kesulitan siswa dalam berbicara bahasa Inggris antara lain keterbatasan kosakata, pengucapan yang tidak tepat, kurangnya teman untuk berlatih, rendahnya kepercayaan diri, dan kualitas lingkungan pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penting untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan menerapkan kegiatan yang terstruktur di sekolah dasar untuk mendukung penguasaan bahasa mereka.
References
Azizah, N., & Wijayanti, D. (2020). Factors affecting English language learning in elementary schools: A study of students’ competencies. Journal of Language and Education, 15(1), 45-59.
Dewi, S. R., & Hapsari, A. (2017). An evaluation of English pronunciation skills among elementary school students. Journal of English Linguistics, 10(1), 22-33.
Harini, Y., & Rahmawati, N. (2021). An investigation into the reading comprehension ability of elementary school students in English. Journal of Research in Education and Development, 8(3), 210-221.
Hermawan, I., & Saraswati, L. (2021). The impact of digital tools on elementary school students' English learning achievement. Journal of Education and Technology, 14(3), 144-157.
Kurniawati, R., & Dewi, P. (2019). The correlation between motivation and English proficiency of elementary school students. Journal of Applied Linguistics and Language Studies, 5(2), 101-113.
Lestari, T., & Wulandari, S. (2018). The impact of interactive learning materials on the English proficiency of elementary school students. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 143-157.
Mahardika, F., & Purnama, A. (2021). The role of teacher strategies in enhancing English skills of elementary school students. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 11(4), 98-110.
Mulyani, A. (2017). The effectiveness of communicative language teaching in improving English proficiency among elementary school students. International Journal of English Language Education, 5(3), 112-124.
Pratama, A. R. (2018). Improving English writing skills through interactive learning for elementary school students. Journal of Language and Linguistics Studies, 7(1), 23-35.
Putri, M., & Sulastri, R. (2020). An analysis of vocabulary acquisition in English among elementary school students. English Language Teaching Review, 18(2), 56-69.
Rahmawati, A., & Arifin, Z. (2020). A study on the challenges faced by elementary school students in learning English as a foreign language. Language and Culture Journal, 14(2), 98-110.
Rukmini, D. (2018). An analysis of elementary school students' English speaking proficiency. Journal of English Education, 12(2), 134-145.
Santoso, S., & Hidayati, N. (2020). Teaching English grammar in elementary schools: A case study of students' competence. Indonesian Journal of English Language Teaching, 9(1), 65-76.
Suryani, R., & Firmansyah, M. (2019). A study on elementary school students' listening and speaking skills in English learning. Language Teaching Journal, 22(1), 78-89.
Yuliana, L., & Siti, N. (2019). Developing speaking skills through project-based learning for elementary school students. Journal of English Teaching and Learning, 11(4), 78-92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.