MANAJEMEN KONFLIK PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH UIN RADEN MAS SAID SURAKARTA)
Keywords:
manajemen konflik, lembaga pendidikan, islamAbstract
Pandangan mengenai konflik merupakan hukum alam ternyata masih melekat di benak masyarakat. Konflik memang tidak bisa dihindari, dapat timbul dari hal sepele yang mengatasnamakan pendapat, komunikasi yang buruk, dan nilai tidak toleran. Sebaiknya konflik dikelola sehingga membawa keuntungan bagi kelompok dan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami pemahaman tentang manajemen konflik di lembaga pendidikan Islam dengan meninjau konflik yang terjadi pada Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, dan mengamati peran pemimpin dalam mengelola konflik di Fakultas tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan metode wawancara sebagai teknik pengumpulan data, serta studi dokumen. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta selaku salah satu pimpinan di Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan; (1) konflik adalah realitas yang tidak mungkin dapat dihindari oleh karena itu sikap yang dapat diambil bukan menghindari akan tetapi harus menghadapi dan mencari jalan penyelesaiannya; (2) konflik yang terjadi di Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Raden Mas Said Surakarta adalah perbedaan-perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok di lingkungan Fakultas; (3) untuk mencegah terjadinya konflik, maka dikenalkan budaya kampus dan Standar Operasional Pendidikan (SOP) yang telah ada sejak masa orientasi; (4) cara menghadapi konflik di Fakultas yaitu dengan mempersatukan dan perundingan (kompromi), jika ternyata tidak mampu menyelesaikan konflik, diambil dengan cara naik banding yaitu meneruskan permasalahan tersebut pada pimpinan yang lebih tinggi.
References
Ahdar, & Musyarif. (2019). Tantangan Pendidikan Islam di Indonesia Pada Era Grobalisasi. Al-Ishlah, 17(1), 9–15.
Dalimunthe, S. F. (2016). Manajemen Konflik dalam Organisasi. Jurnal Bahas Unimed, 4(1), 9–15.
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Dewanta, S. N., & Wibowo, U. B. (2014). Penerapan Manajemen Konflik Berbasis Sekolah Studi Kasus Di Dua Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 93–105. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2412
Efferi, A. (2016). Manajemen Konflik dalam Lembaga Pendidikan. Journal of Empirical Recearch in Islamic Education, 1, 21–47.
Faqrurrowzi, L., & Dharma, H. (2023). Manajemen Konflik dalam Dunia Pendidikan Perguruan Tingggi. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2), 92–102.
Farhan, L. P., & Hadisaputra, P. (2021). Conflict Management in Pesantren, Madrasah, and Islamic Colleges in Indonesia: A Literature Review. Dialog, 44(1), 37–50. https://doi.org/10.47655/dialog.v44i1.445
Fauzi, I. (2023). Manajemen Konflik dan Cara Penyelesaian Konflik dalam Organisasi Sekolah. Jurnal Pelita Nusantara, 1(1), 108–115. https://doi.org/10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i1.127
Fridyanto. (2018). Manajemen Konflik Di Perguruan Tinggi Islam Studi Kasus Konflik Pemilihan Rektor Di Uin Maliki Malang, Iain Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, Iain Mataram, Dan Iain Imam Bonjol. Al-Irsyad, 8(2), 96–107. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6729
Handayani, R. (2022). Peran Manajemen Konflik Dalam Moderasi Beragama. Manajemen Dakwah, 4.
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., & Dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In H. Abadi (Ed.), Metode Penelitian Kualitatif&Kuantitaif (Vol. 1, Issue 1). Pustaka Ilmu.
Huriyah, L., Fauziyah, N., Ula, N., Perdana, W. C., Syahroni, M. F. M., & Hidayah, Z. A. (2023). Urgensi Manajemen Konflik dalam Konteks Kepemimpinan Pendidikan Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2), 114–125. https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3735
Ismi, A. Y., Nurdiansah, H., Hasanah, U., & Lutfiah, S. (2022). Manajemen Konflik Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah Di SMA Plus Al-Hasan. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen Dan E-Commerce, 1(4), 59–65. https://doi.org/10.30640/digital.v1i4.376
Kusumastuti, A., & Khoiron, Mustamil, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (F. Annisya & Sukarno (eds.)). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Kusworo. (2019). Manajemen Konflik & Perubahan dalam organisasi (A. Wildan, Abi (ed.)). Alqaprint Jatinagor.
Nahnudin, N., Fauji, A., & Firdaos, R. (2023). Tipe dan Ide Kepemimpinan Adaptif Terhadap Solusi Konflik Organisasi. Tadbir Muwahhid, 7(1), 85–108. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.8127
Nasution, I. (2010). Manajemen Konflik di Sekolah. I, 45–55.
Nurainiah, N. (2020). Manajemen Konflik dalam Pendidikan Islam. Serambi Tarbawi, 8(2), 131–146. https://doi.org/10.32672/tarbawi.v8i2.5071
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2021. (n.d.).
PPPK. (2021). Pembelajaran 4 . Konflik Sosial dan Integrasi Sosial. In Modul Belajar Mandiri IPS-Sosiologi (pp. 109–130).
Rodliyah, S. (2015). Manajemen Pndidikan (Sebuah Konsep dan Aplikasi) (M. Khusnuridlo (Ed.)). IAIN Jember Press.
Rohmaniyah, N. (2018). Manajemen Konflik di Sekolah (Studi pada SMP Negeri 1 Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir). World Development, 1(1), 1–15. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10
Rosana, E. (2015). Konflik Pada Kehidupan Masyarakat (Telaah Mengenai Teori dan Penyelesaian Konflik Pada Masyarakat Modern). Jurnal Al-Adyan, 10(2), 216–230.
Sarwadi. (2019). Dinamika Kelembagaan Pendidikan Islam Di Indonesia. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 112–143. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.12
Stavents, M. J., & Fox-kirk, W. (2018). Reframing the Managerial Grid for Relational Leadership Effectiveness. September. https://www.researchgate.net/publication/281441614%0AReframing
Sudarmanto, E., Sari, Purnama, D., Tjahjana, D., S, Wibowo, E., Mardiana, Siska, S., Purba, B., Purba, S., & Irdawati. (2021). Manajemen Konflik (R. Watrianthos (Ed.)). Yayasan Kita Menulis. kitamenulis.id
Sugiyanta, Sa’diyah, M., & Kattani, A. H. (2023). Aplikasi manajemen konflik para santri di pondok pesantren. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(1), 94–104. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i1.7725
Suncaka, E. (2023). Manajemen Konflik Di Sekolah. Journal on Education, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i1.22
Surat Keputusan Rektor. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. no.1110. 2023. (n.d.).
Syarnubi. (2016). Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam Dan Problematikanya: Studi Kasus Di Fakultas Dakwah Uin-Suka Yogyakarta. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 151–178.
Tumiwa, A. B. (2020). Pentingnya Manajemen Konflik Dalam Organisasi. Media Riset Bisnis & Manajemen, 5(2), 331–359. https://doi.org/10.25105/mrbm.v5i2.8133
Wicaksono, A. (2016). Manajemen Konflik Pondok Modern Darussalam Gontor 1 Terhadap Masyarakat Sekitar. Brawijaya Knowledge Garden. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121934
Zaitun. (2011). Manajemen konflik dalam pendidikan islam. An-Nida’, 36, 1–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v36i1.291
Zulkifli, Laila, Supriyanto, A., Hajar, A., Nursyamsiyah, S., Setiawan, I., & Nudin, B. (2023). Kapita Selekta Pendidikan Islam (Y. Novita (Ed.); Issue September). Global Eksekutif Teknologi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.